Go Internasional! Ini 6 Negara yang Menggunakan Bahasa Jawa dalam Komunikasi Sehari-hari, Kok Bisa?

Go Internasional! Ini 6 Negara yang Menggunakan Bahasa Jawa dalam Komunikasi Sehari-hari, Kok Bisa?

negara yang menggunakan bahasa Jawa dalam komunikasi--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Tidak hanya di Indoesia, tenyata ada beberapa negara yang menggunakan bahasa Jawa dalam komunikasi keseharian mereka.

Hal ini tentu merupakan sesuatu yang menarik, mengingat bahasa Jawa merupakan bahasa lokal salah satu suku di Indonesia.

Fakta unik ini cukup mengejutkan, sebab ternyata multikulturalisme di Indonesia yang menghasilkan produk budaya berupa bahasa ini menjadi sesuatu yang juga dinikmati oleh negara lain.

Lantas, bagaimana bisa ada negara yang menggunakan bahasa Jawa dalam komunikasi serta apa saja negara yang dimaksud tersebut? 

Kamu bisa memperkaya pengetahuan tenta fakta unik dan membanggakan ini dengan membaca artikel berikut sampai akhir. Yuk, simak terus!

Malaysia

Masih satu rumpun dengan Indonesia, negara yang menggunakan bahasa Jawa dalam komunikasi sehari-hari mereka yang pertama adalah Malaysia, di mana secara geografis Malaysia merupakan negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Menjadi tidak mengherankan ketika terdapat fakta bahwa ada banya Suku Jawa yang tinggal di Malaysia, khususnya di daerah Selangor dan Johor.

Tidak hanya sekadar bahasa, bahkan terdapat suatu wilayah di Johor dengan masyarakat yang sangat kental dengan budaya Jawa. Kawasan tersebut bernama Parit Jawa.

Hingga saat ini, Suku Jawa yang tinggal di Malaysia merupakan generasi keempat sejak kedatangan pertamanya di abad ke-18.

BACA JUGA Lebih Harmonis! Lakukan 6 Cara Komunikasi untuk Memberikan Pujian Pada Pasangan Ini, Capai Hubungan Langgenganggeng

Singapura

Negara di Asia Tenggara lain yang menggunakan bahasa Jawa dalam keseharian mereka adalah Singapura.

Sebagaimana di Malaysia, di negara yang menggunakan bahasa Jawa dalam komunikasi sehari-hari yang satu ini juga terdapat permukinan Suku Jawa, salah satunya di daerah Kampung Jawa di tepi Sungai Rochor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: