Ternyata Ini Makanan dan Minuman Pemicu Batu Ginjal, yang Sering Kamu Konsumsi Sehari-hari, Wajib Jauhi

Ternyata Ini Makanan dan Minuman Pemicu Batu Ginjal, yang Sering Kamu Konsumsi Sehari-hari, Wajib Jauhi

makanan dan minuman pemicu batu ginjal--Youtube.com/Halosehat

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan dan minuman pemicu batu ginjal ini berbahaya bagi tubuh. Mari kita cari tahu apa saja daftarnya.

Batu ginjal dapat terjadi karena penumpukan mineral dan garam di dalam ginjal. Beberapa makanan dan minuman mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan terbentuknya kristal di dalam organ ginjal dan terkadang menimbulkan rasa sakit.

Berdasarkan data yang dihimpun Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, ternyata sekitar 1 persen masyarakat Indonesia menderita penyakit batu ginjal.

Studi tersebut mengklaim bahwa begitu kamu terkena batu ginjal, ada kemungkinan 50 persen urolitiasis akan kembali dan menyerangmu. Biasanya dalam waktu 10 tahun.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari konsumsi berlebihan beberapa makanan dan minuman berikut yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal:

BACA JUGA:5 Makanan Rendah Oksalat yang Efektif untuk Menjaga Kesehatan Ginjal, Apa Saja Daftarnya? Cek Disini

BACA JUGA:Ini Dia 10 Makanan dan Minuman Penyebab Batu Ginjal, Segera Batasi Konsumsinya Agar Ginjal Tidak Tambah Parah

1. Teh hitam

Makanan bukanlah penyebab utama batu ginjal. Beberapa minuman juga bisa memicu penyakit ini.

Batu ginjal terbentuk ketika air seni banyak mengandung kalsium oksalat dan asam urat, yang kemudian dapat membentuk batu ginjal. Faktanya, hingga 80 persen batu ginjal terbentuk dari kalsium oksalat. 

Ternyata kalsium oksalat banyak ditemukan pada teh hitam. Karena itu, konsumsi teh hitam yang berlebihan dapat memicu pembentukan batu ginjal.  

2. Makanan asin

Makanan asin termasuk makanan yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal karena banyak mengandung sodium.

Peningkatan kadar natrium dalam urin dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh. Akibatnya, kalsium terakumulasi dalam urin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: