PKB Kabupaten Pekalongan Optimis Menang Pemilu di Kota Santri, Diperkirakan Memperoleh 15 Hingga 16 Kursi DPRD

PKB Kabupaten Pekalongan Optimis Menang Pemilu di Kota Santri, Diperkirakan Memperoleh 15 Hingga 16 Kursi DPRD

Ketua DPC PKB Kabupaten Pekalongan Asip Kholbihi-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) optimis masih memenangkan pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 di Kabupaten Pekalongan. Dari data internal DPC PKB Kabupaten Pekalongan, PKB diperkirakan akan memperoleh 15 kursi hingga 16 kursi di DPRD Kabupaten Pekalongan. 

Ketua DPC PKB Kabupaten Pekalongan Asip Kholbihi, Jumat, 16 Februari 2024, mengatakan, berdasarkan perhitungan internal PKB, PKB di Kabupaten Pekalongan diperkirakan akan mendapatkan 15 hingga 16 kursi DPRD Kabupaten Pekalongan. 

Dengan asumsi, kata Asip, di dapil 1 dapat 2 kursi, dapil 2 dapat dua kursi, dapil tiga antara tiga dan empat kursi. Selanjutnya, di dapil 4 diperkirakan mendapatkan enam kursi dan di dapil lima memperoleh dua kursi.

"Itu yang kami dapat dari penghitungan internal kami. Tentu kami tetap tunggu hasil resmi KPU," ucap mantan Bupati Pekalongan ini.

Baca juga:Hadiri Harlah ke-25 PKB di Pekalongan, Gus Yusuf Pasang Target 20 Kursi di DPRD Kabupaten Pekalongan

"Saya selaku Ketua DPC PKB Kabupaten Pekalongan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan yang masih mempercayakan mandat politiknya kepada PKB untuk bersama-sama mewujudkan kemaslahatan kemudian membangun Kabupaten Pekalongan agar lebih baik lagi dengan penguatan fungsi kontrol yang ada di DPRD," lanjut Asip. 

Ia berharap, dengan modal elektoral PKB yang dimiliki maka untuk hajat politik berikutnya tentu PKB akan menjadi pemain penting di Kabupaten Pekalongan, termasuk di eksekutif. 

"Insya Allah sebentar lagi PKB juga akan melakukan mekanisme penjaringan calon bupati dan wakil bupati, tentu menunggu instruksi dari DPP dan DPW yang secara lisan sudah memberikan mandat agar bersiap-siap untuk mencari kader-kader terbaik di Pilkada," katanya. 

Dengan modal politik elektoral yang dimiliki PKB antara 15 hingga 16 kursi, lanjut dia, maka akan menjadi modal politik yang cukup baik untuk berkontestasi di pilkada nanti.

Disinggung nasib incumbent dalam Pileg 2024 ini, Asip memperkirakan 65 persen dari incumbent masih terpilih kembali, dan 35 persen lost. "Sekitar 5 hingga 6 yang berpotensi lost," katanya.

Dalam situs web resmi KPU, hingga Jumat, 16 Februari 2024, pukul 16.00, perolehan sementara suara PKB di Kabupaten Pekalongan memang masih tertinggi. Yakni 49.798 suara atau 30,38 persen.

Jika posisi PKB itu bertahan hingga akhir penghitungan suara resmi KPU, maka partai ini kembali menjadi pemenang. Sekaligus mempertahakankan tren selalu menang sejak Pemilu 2004. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: