Fresh Graduate Jangan Putus Asa! 7 Tips Ini Bikin Kamu Lolos Daftar Kerja Meski Tidak Punya Orang Dalam

Fresh Graduate Jangan Putus Asa! 7 Tips Ini Bikin Kamu Lolos Daftar Kerja Meski Tidak Punya Orang Dalam

Lolos daftar kerja meski tidak punya orang dalam--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – 'Orang dalam' 'dalam pekerja bukanlah sebuah fenomena baru, tetapi kamu tetap bisa lolos daftar kerja meski tidak punya Orang dalam, termasuk meski kamu fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman.

Jangan dulu berputus asa, karena kamu masih punya kesempatan untuk bisa lolos daftar kerja meski tidak punya orang dalam melalui beberapa cara berikut.

Yuk, simak apa saja tips yang bisa bikin kamu lolos daftar kerja meski tidak punya orang dalam.

BACA JUGA Tarik Perhatian Recruiter, Ini 5 Tips Menyusun Profil LinkedIn Agar Cepat Dapat Kerja Meski Fresh Graduate

Manfaatkan koneksimu

Bagaimanapun, koneksi memang merupakan hal yang penting di dunia profesional. Kesempatan kerja untukmu bisa datang dari mereka, bahkan dengan cara yang mungkin tidak kamu duga.

Maka, tinjau kembali koneksi yang kamu punya. Ini bisa jadi temanmu selama sekolah atau kuliah, rekan satu organisasi, atau kenalanmu dalam acara tertentu. 

Kamu bisa membawa percakapan tentang usahamu mencari pekerjaan atau bahkan memperhatikan aktivitas media sosial mereka terutama di media sosial seperti LinkedIn untuk mendapatkan informasi pekerjaan.

Ungkapkan pula secara gamblang bahwa kamu sedang membutuhkan pekerjaan dan akan sangat bermanfaat bagimu jika mereka mau membagikan informasi lowongan pekerjaan atau bahkan memberimu tips untuk bisa lolos daftar kerja meski tidak punya orang dalam.

BACA JUGA Bisakah Daftar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Fresh Graduate Perlu Tahu 5 Hal Ini

Cari koneksi baru

Jika kamu ingin memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa lolos daftar kerja meski tidak punya orang dalam, maka jangan cepat merasa puas dengan koneksi yang sudah kamu punya. 

Lebih banyak kenalan yang kamu punya, maka lebih banyak pula informasi pekerjaan yang bisa kamu peroleh.

Dalam hal ini, kamu bisa memperluas koneksimu dalam konteks profesional dengan berbagai cara, mulai dari menghadiri pelatihan skill tertentu, minta dikenalkan oleh temanmu, atau melalui media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: