Fresh Graduate Merapat! Ini 5 Hal yang Akan Bantu Kamu Mendapatkan Pekerjaan Pertama Setelah Lulus Kuliah

Fresh Graduate Merapat! Ini 5 Hal yang Akan Bantu Kamu Mendapatkan Pekerjaan Pertama Setelah Lulus Kuliah

Mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Di tengah persaingan kerja yang tinggi, kamu harus tahu 5 hal yang akan bantu mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah.

Para fresh graduate membutuhkan panduan untuk bisa berhasil dalam persaingannya dengan orang lain.

Oleh karenanya, artikel ini akan membagikan beberapa tips yang bisa membantu fresh graduate mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah. Yuk, simak apa saja tipsnya!

BACA JUGA Bisakah Daftar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Fresh Graduate Perlu Tahu 5 Hal Ini

Kembangkan koneksi dengan senior dan jadilah junior yang baik

Senior merupakan salah satu pihak yang akan sangat membantumu di dunia profesional, termasuk saat kamu hendak memasuki dunia kerja. Biasanya, senior atau alumni yang sudah lebih dahulu lulus memiliki empati yang lebih besar kepada junior dari almamater yang sama.

Oleh karenanya, untuk bisa lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah, penting bagimu untuk mengembangkan koneksi yang baik dengan senior.

Janganlah menjadi junior yang buruk, sehingga senior tidak percaya bahwa kamu cocok untuk pekerjaan tertentu.

Secara lebih khusus lagi, kamu bisa membangun relasi yang lebih intens dengan senior yang berada di bidang kerja sesuai dengan bidang kerja impianmu.

Maksud dari tips ini bukan agar kamu mendapatkan orang dalam, tetapi agar kamu memiliki mentor yang bisa menjadi sumber belajarmu dalam mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah.

Sebagai salah satu usaha mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah, kamu bisa mengajukan berbagai pertanyaan kepada seniormu terkait dengan pengalaman mereka, tantangan yang mereka hadapi, inisiatif yang mereka miliki, hingga tujuan pribadi mereka.

Kamu juga bisa meminta tips yang ampuh ketika hendak mendaftar kerja, mulai dari cara membuat CV yang menarik, dari mana mendapatkan informasi lowongan kerja, mengumpulkan portofolio, dan lainnya.

BACA JUGA Tarik Perhatian Recruiter, Ini 5 Tips Menyusun Profil LinkedIn Agar Cepat Dapat Kerja Meski Fresh Graduate

Optimalkan fungsi LinkedIn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: