Jangan Dilewatkan! Ini 2 Peran Penting Orang Tua dalam Mendidik Anak menurut dr Aisah Dahlan

Jangan Dilewatkan! Ini 2 Peran Penting Orang Tua dalam Mendidik Anak menurut dr Aisah Dahlan

Peran penting orang tua dalam mendidik anak menurut dr Aisah Dahlan.-draisahdahlan/ ig-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Peran penting orang tua dalam mendidik anak akan sangat berpengaruh pada pembentukan watak, karakter anak hingga dia dewasa.

Karena figur utama yang menjadi teladan anak adalah orang tua. Orang tua menjadi sosok yang paling dekat dan paling sering bersama anak.

Maka hendaknya orang tua diharap mampu memberikan contoh yang baik untuk anak. 

Yang perlu selalu diingat oleh para orang tua adalah bahwa sejak dalam kandungan anak sudah mulai mengenali sekelilingnya. Dan dari sejak baru lahir, otak anak juga sudah mulai berfungsi.

Saat baru saja dilahirkan anak sudah mulai merekam, mendengar, dan membentuk memori. Ungkapan anak adalah peniru ulung memang benar adanya.

BACA JUGA:Perhatian untuk Para Orang Tua, Begini Tips Parenting Mendidik Anak Balita Menurut dr Aisah Dahlan

BACA JUGA:Tips Parenting Islami oleh Ning Imaz, 3 Cara Efektif dalam Mendidik Anak Sesuai Sunnah Nabi Muhammad Saw

Contoh dari orang tua yang anak tangkapa akan sangat memengaruhi watak dan karakter anak. Maka, disampaikan oleh dr Aisah Dahlan bahwa ada beberapa hal yang perlu orang tua perhatikan dalam mendidik anak.

Peran Penting Orang Tua dalam Mendidik Anak

Sebagai orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Namun yang perlu selalu dipertanyakan dan menjadi introspeksi diri sebagai orang tua adalah,

"Sudahkah sebagai orang tua mendukung dan memberi contoh dengan baik untuk anak?" Nah 2 hal berikut ini penting diterapkan dalam mendidik anak.

1. Gunakan Metodologi Contoh

Untuk menjadi contoh yang baik bagi anak, ada beberapa hal yang perlu orang tua lakukan. Disebutkan oleh dr Aisah Dahlan, bahwa orang tua perlu membekali diri dengan ilmu agama, dan ilmu pengetahuan yang memadai.

Kemudian tahu cara tepat dalam mengemas pengetahuan tadi menjadi nasehat yang baik dengan cara yang mudah dipahami anak. Jadi tidak asal didik, tapi perlu merencanakan parenting dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: