7 Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihan, Wajib Kurangi Mulai dari Sekarang

7 Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihan, Wajib Kurangi Mulai dari Sekarang

Makanan Sehat Yang Bisa Merusak Ginjal --Youtube.com/Saddam Ismail

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Apa pun yang berlebihan itu berbahaya, termasuk makan makanan sehat. Ini dia menu makanan sehat yang bisa merusak ginjal jika dikonsumsi berlebihan!

Menjalani gaya hidup sehat, banyak orang berlomba-lomba untuk selalu menyantap makanan sehat. Namun, ada satu hal yang sering luput dari perhatian, yaitu asupan makanan yang berlebihan. 

Makanan sehat itu baik untuk tubuh. Namun, jika kamu mengonsumsinya terlalu banyak, tetap dapat mengganggu bahkan merusak fungsi organ seperti ginjal. 

BACA JUGA:Inilah 8 Makanan yang Dapat Menyehatkan Ginjal, Yuk Simak Apa Saja Jenisnya di Sini

BACA JUGA:Apa Saja Minuman Jus Buah Cegah Batu Ginjal untuk Lansia? Ini Dia 6 Daftarnya!

Berikut adalah beberapa makanan yang jika dikonsumsi berlebihan dapat membahayakan ginjal:

1. Alpukat

Alpukat terkenal dengan manfaatnya bagi tubuh karena kandungan lemak tak jenuh, serat dan antioksidannya. Alpukat juga sering disantap untuk sarapan, yang baik untuk tubuh. 

Namun, konsumsi alpukat secara berlebihan tidak dianjurkan, karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, terutama kalium. 

Alpukat mengandung banyak potasium, sehingga konsumsinya bisa berbahaya bagi penderita gagal ginjal kronis. 

Peningkatan kadar kalium dalam tubuh juga dapat menyebabkan gangguan irama jantung atau aritmia. Fungsi ginjal juga dapat terganggu karena kelebihan kalium.  

2. Daging sapi

Sulit untuk menolak hidangan lezat ini. Daging sapi baik untuk kesehatan, terutama untuk pencegahan anemia, dan merupakan sumber protein. 

Namun, perhatikan jumlah daging yang dikonsumsi, terutama daging olahan. Jika dikonsumsi berlebihan, daging sapi dapat membahayakan ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: