Tak Kunjung Dapat Panggilan? Ini 4 Tips Cepat Dapat Panggilan Interview Kerja Bagi Fresh Graduate

Tak Kunjung Dapat Panggilan? Ini 4 Tips Cepat Dapat Panggilan Interview Kerja Bagi Fresh Graduate

Cepat dapat panggilan interview kerja bagi fresh graduate--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Tingginya persaingan kerja membuat situasi cepat dapat panggilan interview kerja bagi fresh graduate menjadi sesuatu yang sulit diwujudkan, meski tidak terhitung sudah berapa banyak lamaran kerja yang dikirimkan.

Namun, meski kamu baru saja lulus dan cenderung minim pengalaman profesional, kamu tidak harus berputus asa. Kamu masih punya kesempatan untuk cepat dapat panggilan interview kerja bagi fresh graduate.

Artikel ini akan memberimu panduan agar lamaran yang kamu kirimkan mendapatkan balasan dan kamu memiliki kesempatan untuk interview kerja.

BACA JUGA Fresh Graduate Jangan Putus Asa! 7 Tips Ini Bikin Kamu Lolos Daftar Kerja Meski Tidak Punya Orang Dalam

Rancang CV dengan menarik

CV atau curriculum vitae merupakan salah satu berkas wajib yang harus kamu kirimkan ketka melamar pekerjaan. Bukan sebagai formalitas belaka, CV memiliki peran besar agar kamu bisa cepat dapat panggilan interview kerja bagi fresh graduate.

Melalui CV, perekrut bisa memutuskan apakah kamu merupakan sesorang yang pantas diberi kesempatan wawancara kerja atau perekrut merasa tidak perlu mengenal dirimu lebih dalam dan mengeliminasimu sebagai salah satu calon kandidat pekerja.

Ini karena CV memuat sebagian besar informasi tentang dirimu. Ketika kamu tidak bisa membangun citra yang baik melalui CV, maka besar kemungkinan perekrut tidak tertarik untuk melanjutkan proses lamaranmu ke tahap interview kerja.

Untuk bisa membuat CV yang menarik, kamu harus memastikan bahwa berkas tersebut sudah memuat informasi diri yang sesuai. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa. Jangan lupa juga masukkan pengalaman dan skill yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Pastikan untuk tidak memuat informasi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Ini artinya, ketika kamu melamar pekerjaan di bidang yang berbeda-beda, besar kemungkinan kamu harus memiliki lebih dari satu versi CV dirimu.

BACA JUGA Fresh Graduate Jangan Mau Dirugikan! Ini 6 Hal di Lingkungan Kerja yang Tidak Seharusnya Diwajarkan

Perbanyak portofolio

Karena masih berada di tahap seleksi berkas, perekrut akan kesulitan untuk membuktikan bahwa informasi terkait kemampuan, pengalaman, maupun karya yang kamu tuliskan di CV merupakan suatu kebenaran. Mereka juga memiliki keterbatasan untuk menilai apakah kemampuan dan pengalamanmu cukup baik untuk menempati posisi kerja yang kamu lamar.

Maka, untuk meyakinkan mereka terkait potensi dan kemampuanmu, akan sangat membantu jika kamu juga menyiapkan portofolio karyamu. Dengan begitu, perekrut akan lebih tertarik denganmu dan besar kemungkinan kamu bisa cepat dapat panggilan interview kerja bagi fresh graduate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: