Freelance Trending! Ini 6 Skill untuk Dipelajari Fresh Graduate agar Menjadi Virtual Assistant yang Kompeten

Freelance Trending! Ini 6 Skill untuk Dipelajari Fresh Graduate agar Menjadi Virtual Assistant yang Kompeten

Skill untuk dipelajari fresh graduate agar menjadi virtual assistant yang kompeten--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Kamu membutuhkan beberapa skill untuk dipelajari fresh graduate agar menjadi virtual assistant yang kompeten, jika kamu ingin menjajaki salah satu pekerjaan freelance yang sangat populer belakangan ini.

Virtual assistant atau VA merupakan salah satu pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan dari jarak jauh atau remote. Sebagaimana namanya, tugas dari pekerjaan ini adalah untuk menjadi asisten dalam berbagai hal sesuai dengan permintaan klien.

Jika kamu merupakan fresh graduate yang ingin menjadikan ini sebagai pekerjaan sampingan atau sembari menunggu panggilan kerja, berikut beberapa skill untuk dipelajari fresh graduate agar menjadi virtual assistant yang kompeten.

BACA JUGA 7 Skill yang Paling Dibutuhkan dalam Dunia Kerja, Bantu Fresh Graduate Memulai Karier dengan Lebih Cepat!

Komunikasi

Untuk menjadi pekerja freelance di bidang ini, skill untuk dipelajari fresh graduate agar menjadi virtual assistant yang kompeten paling utama adalah kemampuan komunikasi. Sebab, tentu saja menjadi VA akan menuntutmu banyak berhubungan dengan klien yang kamu layani di pekerjaan mereka.

Selain keterampilan berkomunikasi, penting juga bagimu untuk memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, minimal bahasa Inggris. Sebab, saat ini banyak perusahaan luar negeri yang membutuhkan jasa VA.

Kamu bisa memenuhi kualifikasi bekerja sebagai VA perusahaan luar negeri jika mahir berbahasa Inggris.

BACA JUGA Tak Kunjung Dapat Panggilan? Ini 4 Tips Cepat Dapat Panggilan Interview Kerja Bagi Fresh Graduate

Time management

Sebagai virtual assistant, pekerjaanmu tidak jauh berbeda dengan asisten yang bekerja secara luring. Kamu akan dituntut untuk biisa mengatur banyak waktu mulai dari meeting, timeline pekerjaan, hingga deadline.

Oleh karenanya, salah satu skill untuk dipelajari fresh graduate agar menjadi virtual assistant yang kompeten adalah kemampuan memanajemen waktu atau time management.

Dengan begitu, kamu bisa membagi waktu agar semua teratur dan tidak berantakan. Keterampilan time management yang baik juga memungkinkanmu untuk bisa melakukan lebih dari satu pekerjaan.

BACA JUGA Lakukan Jauh-Jauh Hari! Ini 5 Hal yang Akan Mempermudah Hidup Setelah Lulus Kuliah, Anti Lontang-Lantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: