Apa Benar Minuman Bersoda Tidak Baik Buat Ginjal? Ini Dia Penjelasan Medisnya!

Apa Benar Minuman Bersoda Tidak Baik Buat Ginjal? Ini Dia Penjelasan Medisnya!

minuman bersoda tidak baik buat ginjal--Freepik.com

Dampak Sering Konsumsi Minuman Bersoda untuk Ginjal

Melansir dari laman kesehatan Halodoc, konsumsi minuman bersoda yang berlebihan dapat menganggu fungsi ginjal.

Minuman bersoda tidak baik buat ginjal. Apalagi kalau dikonsumsi untuk kamu yang sudah menderita penyakit ginjal kronis.

Maka minuman bersoda ini akan memperburuk kondisi organ ginjal. Sebab terdapat bahan-bahan kimia dan mineral tertentu yang memberatkan organ ginjal.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Jenis Makanan Sehat untuk Ginjal Sekaligus Ampuh Turunkan Purin

BACA JUGA:Minuman yang Ampuh Turunkan Purin, Apa Saja Jenisnya? Ini Dia 6 Jenisnya

Utamanya dalam melakukan penyaringan darah dan memilah zat-zat yang berbahaya untuk tubuh. Minuman soda dapat memberi tekanan pada organ ginjal.

Cukup dengan mengonsumsi dua kaleng saja bisa meningkatkan risiko gagal ginjal. Kafein, mineral dan natrium di dalam minuman bersoda bisa merusak struktur organ ginjal.

Salah satu dampak buruk terhadap organ ginjal adalah merusak kapiler nefron. Bagian yang bisa merusak kapiler nefron dalam organ ginjal.

Tak cuma itu saja, minuman bersoda tidak baik buat ginjal. Hal ini karena mengandung kalium dan fosfor yang bisa memicu aritmia jantung.

Kandungan kalsium pada minuman bersoda ini juga bisa mengakibatkan batu ginjal. Oleh karena itu untuk meminimalisir minuman bersoda lebih baik dihindari.

Alternatif Minuman Menyegarkan yang Baik Buat Ginjal

Idealnya untuk menjaga kesehatan organ ginjal sebaiknya konsumsi minuman air putih. Apalagi air putih ini bagus untuk kesehatan organ ginjal.

Minuman air putih bisa menurunkan risiko kerusakan pada organ ginjal. Kamu bisa meminumnya dalam kondisi dingin supaya ada sensai menyegarkan.

Namun bila sedang bosan, kamu bisa tambahkan buah-buahan. Misalnya saja timun, lemon, semangka, stroberi dan semacamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: