Fresh Graduate Bisa Tertipu! Kenali 5 Ciri Penipuan Lowongan Kerja Part Time dan Freelance, Modusnya Halus!

Fresh Graduate Bisa Tertipu! Kenali 5 Ciri Penipuan Lowongan Kerja Part Time dan Freelance, Modusnya Halus!

Ciri penipuan lowongan kerja part time dan freelance--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Seiring popularitasnya di kalangan mahasiswa hingga fresh graduate, banyak ciri penipuan lowongan kerja part time dan freelance, di mana modusnya sangat beragam.

Jika kamu merupakan fresh graduate yang ingin mencoba pekerjaan yang cukup fleksibel ini, penting bagimu untuk mengetahui apa saja ciri penipuan lowongan kerja part time dan freelance agar tidak terjebak di dalamnya.

Yuk, simak apa saja ciri penipuan lowongan kerja part time dan freelance tersebut!

BACA JUGA Freelance Trending! Ini 6 Skill untuk Dipelajari Fresh Graduate agar Menjadi Virtual Assistant yang Kompeten

Menawarkan gaji besar dengan pekerjaan yang terlalu mudah

Normalnya, gaji yang besar bisa kamu dapatkan dari pekerjaan yang cukup berat dan sulit pula. Maka, apabila terdapat informasi pekerjaan dengan gaji besar tetapi tugasnya sangat ringan, kamu perlu waspada karena bisa jadi ini merupakan salah satu ciri penipuan lowongan kerja part time dan freelance.

Modus ini sangat efektif untuk menarik korban. Karena tentu saja, banyak orang yang mendambakan pekerjaan dengan penghasilan besar tanpa persyaratan keahlian khusus. Orang akan cenderung tergiur dengan kombinasi pekerjaan semacam ini.

Contoh nyata dari ciri penipuan lowongan kerja part time dan freelance yang satu ini salah satunya adalah tawaran gaji ratusan ribu per hari dengan pekerjaan hanya membalas chat, memberi komentar pada unggahan tertentu, dan tugas-tugas ringan lainnya.

Mensyaratkan kepesertaan grup atau install aplikasi tertentu

Biasanya, ciri penipuan lowongan kerja part time dan freelance juga melibatkan tuntutan yang diberikan oleh pemberi informasi berupa keharusan untuk tergabung dengan grup tertentu. Mereka juga sering kali meminta korbannya untuk memasang aplikasi tertentu.

Seringnya, lowongan kerja yang sebenarnya penipuan ini meminta calon korban untuk tergabung atau subscribe channel Telegram dengan iming-iming arahan mengenai tugas yang harus dilakukan akan diberikan melalui grup tersebut.

BACA JUGA 5 Tips yang Membuat Fresh Graduate Tampil Optimal di Pekerjaan Pertama Mereka, Cara Jadi Orang yang Kompeten!

Menghubungimu melalui kontak pribadi

Di dunia profesional, kecil kemungkinan perusahaan akan menghubungimu secara pribadi melalui kontak pribadi seperti WhatsApp untuk membagikan informasi lowongan pekerjaan. Bahkan, untuk membalas lamaran pun biasanya perusahaan menggunakan saluran email.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: