768 Anak Pramuka Ikuti Pesta Siaga Tingkat Kwarran Kecamatan Kajen

768 Anak Pramuka Ikuti Pesta Siaga Tingkat Kwarran Kecamatan Kajen

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dalam menumbuhkan inovasi dan kreativitas anggota pramuka Sekolah Dasar (SD), Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Kajen menggelar Pesta Siaga. Kompetisi diikuti sebanyak 768 anak pramuka yang digelar di Terminal Kajen.

Adapun dalam Pesta Siaga bertemakan ‘Pramuka Siaga Gembira, Semangat, Inovatif dan Terampil' disingkat Gesit dibuka oleh Camat Kajen, Rudi Sulaiman selaku Ka Mabiran (Majelis Pembimbing Ranting) Kwaran Kajen. Kemudian didampingi Ka Mabiran Harian selaku Korwil Pendidikan Kajen, Bara Akamto, anggota Mabiran (Kapolsek -Danramil), Pengurus Kwaran, Lurah Kajen dan tamu undangan.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon, oleh camat Kajen dan penyematan tanda peserta oleh Danramil Kajen. Pesta siaga Ranting Kajen tahun 2024 diikuti oleh peserta putra 384 anak, putri 384 anak berasal dari 98 barung.

Sementara dalam pesta siaga yang dilombakan diantaranya pengetahuan Agama, skill tali temali, pengetahuan umum, pengenalan tokoh Pramuka. Seni budaya, peduli sesama hidup dan lingkungan, bumbung kemanusiaan dan PBB.

Ketua Panitia Pesta Siaga, Iksan menyampaikan tujuan kegiatan untuk membina, menanamkan dan meningkatkan wawasan kebangsaan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kemudian memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta jiwa kejuangan bagi generasi muda Indonesia.

Selain itu juga membentuk pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai nilai kejuangan diri pada anak anak dan generasi muda. Selanjutnya mampu melatih ketahanan mental jasmani dan rohani. 

"Melalui kegiatan ini bahwa anak adalah generasi bangsa sehingga ini mampu mendidik dan melatih sedini mungkin untuk tidak terjebak kondisi yang sekarang. Artinya anak bisa berinovasi, bersosialisasi dan menyalurkan bakatnya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: