Jangan Asal! Ini 5 Tips Memulai Kerja Freelance untuk Fresh Graduate dan Pemula, Wajib Baca!

Jangan Asal! Ini 5 Tips Memulai Kerja Freelance untuk Fresh Graduate dan Pemula, Wajib Baca!

Tips memulai kerja freelance untuk fresh graduate dan pemula--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Meski terdengar bebas dan mudah, kamu tetap membutuhkan tips memulai kerja freelance untuk fresh graduate dan pemula agar bisa lebih optimal dalam bidang pekerjaan lepas ini.

Agar kamu tidak terjebak dalan kebingungan dan kesulitan lainnya, yuk simak beberapa tips memulai kerja freelance untuk fresh graduate dan pemula berikut ini!

BACA JUGA 4 Bekal yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Sebagai Jobseeker, Biar Karier Lebih Cemerlang!

Tentukan jasa yang akan kamu tawarkan sesuai kemampuanmu

Hal pertama yang harus kamu lakukan dari tips memulai kerja freelance untuk fresh graduate dan pemula adalah dengan memahami apa potensimu sebagai dasar menentukan proyek apa yang akan kamu ambil dan jasa apa saja yang kamu tawarkan.

Apakah itu desain grafis, video editing, manajemen, penulisan artikel, dan lainnya. Pastikan kamu benar-benar menguasai jasa yang kamu tawarkan tersebut.

Kamu juga perlu menganalisis, persoalan apa yang biasanya dihadapi klien, sehingga kamu bisa memberikan solusi dengan keterampilan yang kamu punya.

Dengan mengerti permasalahan bisnis dari klien idealmu, akan lebih mudah bagimu untuk mengemas jasamu kepada mereka.

Penting bagimu untuk menjelaskan secara detail tentang jasa apa yang kamu tawarkan dan keterampilan dalam dirimu yang menunjangnya, sehingga klien bisa mempertimbangkan untuk bekerja sama denganmu.

Patok harga yang sesuai untuk jasamu

Enaknya bekerja freelance adalah bahwa kamu bisa bebas mematok harga untuk jasa yang kamu berikan. Akan tetapi, bisa jadi ini juga menjelma bumerang jika kamu tidak tahu betul bagaimana cara yang tepat untuk menentukan harga ini.

Oleh karenanya, dalam tips memulai kerja freelance untuk fresh graduate dan pemula ini, akan disediakan beberapa variabel yang bisa kamu pertimbangkan untuk mematok harga pada jasamu, yakni:

  • Pengalaman
  • Industri
  • Durasi proyek
  • Tingkat kesukaran proyek
  • Kemampuanmu untuk menyelesaikan proyek itu sesuai keinginan klien  
  • Lokasi klien
  • Seberapa urgensi proyek itu 

Jangan sampai klien enggan menggunakan jasamu karena harga yang terlalu mahal. Jangan pula membiarkan dirimu rugi karena jasamu dihargai dengan terlalu murah oleh klien.

BACA JUGA Pentingnya Magang untuk Fresh Graduate, Ini 4 Alasan Kamu Punya Nilai Tambah Karena Ikut Internship

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: