Jangan Asal! Ini 5 Tips Memulai Kerja Freelance untuk Fresh Graduate dan Pemula, Wajib Baca!

Jangan Asal! Ini 5 Tips Memulai Kerja Freelance untuk Fresh Graduate dan Pemula, Wajib Baca!

Tips memulai kerja freelance untuk fresh graduate dan pemula--freepik.com

Lakukan seleksi pada calon klienmu

Selain gaji, kamu juga bisa memilih siapa klienmu dalam kerja freelance. Maka, tips memulai kerja freelance untuk fresh graduate dan pemula juga berkaitan dengan bagaimana menentukan klien yang ideal untukmu.

Kamu bisa merumuskan pertanyaan berikut untuk bisa membidik klien dengan tepat.

  • Apakah kamu memilih klien lokal atau internasional?
  • Apakah kamu bertujuan menyasar pemilik bisnis kecil, menengah, atau besar?
  • Bidang industri apa saja yang memungkinkan seseorang akan menjadi klienmu?

Pastinya, kamu harus mempertimbangkan hal-hal seperti keterampilanmu, peluang, penghasilan, dan lainnya dalam menentukan klien ini.

Buat portofolio proyek untuk menjangkau klien

Klien akan sulit mempertimbangkan apakah kamu layak untuk diajak bekerja sama atau tidak jika mereka tidak melihat secara nyata hasil pekerjaan yang pernah kamu lakukan. Oleh karenanya, salah satu hal penting dalam tips memulai kerja freelance untuk fresh graduate dan pemula adalah membuat portofolio.

Kamu bisa mencantumkan hasil karyamu entah saat kuliah, lomba, menjadi contributor dalam platform tertentu, dan lainnya. Portofolio ini bisa berupa artikel, video, desain, foto, dan lainnya.

Kamu juga bisa menyertakan bukti tambahan  seperti testimonial, data engagement atau metriks keberhasilan, dan mockups bisa menambah kepercayaan calon klienmu.

BACA JUGA Ini 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Fresh Graduate Sebelum Memutuskan Bekerja, Jangan Sampai Salah Jalan!

Tulis proposal kerja sama untuk meyakinkan klien

Hal terakhir yang harus kamu lakukan dalam rangkaian tips memulai kerja freelance untuk fresh graduate dan pemula adalah dengan membuat proposal kerja yang baik, sehingga klien bisa yakin untuk menjalin kerja sama denganmu.

Sebab, biasanya proposal kerja sama menjadi syarat dalam situs tertentu agar kamu bisa mendapatkan klien.

Untuk bisa membuat proposal yang baik, kamu bisa menggunakan gaya bahasa yang profesional tetapi ramah, sehingga calon klien bisa membacanya dengan baik namun tetap enjoy.

Itu tadi beberapa tips yang bisa sangat berguna bagi karier freelance-mu. Jangan lupa untuk mempraktikkan tips memulai kerja freelance untuk fresh graduate dan pemula di atas, ya!

**AN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: