Ramadan 2024: Hukum Berkumur Saat Wudhu Saat Puasa Ramadan, Boleh Tapi Perhatikan Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ramadan 2024: Hukum Berkumur Saat Wudhu Saat Puasa Ramadan, Boleh Tapi Perhatikan Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ramadan 2024: Hukum Berkumur Saat Wudhu Ketika Puasa Ramadan, Boleh Tapi Perhatikan Hal Ini Kata Ustaz Adi Hidayat-Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ramadan 2024, Inilah hukum berkumur saat wudhu ketika sedang mengerjakan ibadah puasa di bulan Ramadan, Ustaz Adi Hidayat mengatakan boleh tapi harus memperhatikan beberapa hal penting lainnya.

Dalam ceramah Ustaz Adi Hidayat membahas tentang hukum berkumur saat sedang dalam kondisi berpuasa Ramadan. Hal ini banyak ditanyakan oleh orang karena ada yang bilang boleh dan ada yang bilang tidak boleh.

Menurut Ustaz Adi Hidayat berwudhu di bulan suci Ramadan dan berwudhu di bulan-bulan lainnya tidak ada perbedaan. Dari mulai niat, hingga tata cara wudhunya pun sama seperti wudhu pada umumnya.

Akan tetapi menurut Ustaz Adi Hidayat dalam upaya menjaga keadaan yang sedang beribadah puasa maka lebih baik untuk menghindari sunnah-sunnah dalam berwudhu yang berpotensi membatalkan puasa, yaitu diantaranya adalah berkumur.

BACA JUGA:Nasihat Buya Syakur: Agar Anak Dekat dengan Orang Tua, Inilah 3 Cara yang Wajib Dilakukan Ayah Bunda di Rumah

BACA JUGA:Ramadan 2024 Kian Dekat, Ustaz Adi Hidayat Berikan 3 Amalan Supaya Ampunan dari Allah Datang Selama Ramadan

Lantas bagaimanakah sebenarnya hukum berkumur saat wudhu ketika sedang puasa Ramadan?

Apakah berkumur saat puasa bisa membatalkan puasa?

Mengutip dari ceramah Ustaz Adi Hidayat, beliau menyampaikan bahwa hukum berkumur termasuk makruh jika dilakukan saat sedang berpuasa di bulan Ramadan.

“Karena air kumur-kumurnya akan berpotensi masuk ke rongga hidung bahkan tertelan,” terang Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menambahkan juga bahwa umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan harus berhati-hati dalam sunnah berkumur atau menghisap air ke hidung (istinsyaq), karena meskipun tidak disengaja itu bisa membatalkan puasa.

“Sunnah istinsyaq atau memasukkan air ke hidung tersebut bisa anda tinggalkan saat berpuasa,” imbuh Ustaz Adi Hidayat.

Menurut Ustaz Adi Hidayat dalam kondisi puasa dan sunnah wudhu, maka lihat dari hukum masing-masing. Hukum puasa Ramadan adalah wajib. Sedangkan beberapa gerakan wudhu ada yang sunnah, maka tinggalkan sunnah itu, yaitu berkumur dalam upaya menjaga ibadah yang wajib, yaitu ibadah puasa Ramadan.

BACA JUGA:Benarkah Orang Muslim dan Non Muslim Semuanya Akan Masuk Surga? Begini Penjelasan Buya Syakur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: