Inilah 7 Bahaya Daun Singkong, Meski Kaya Manfaat untuk Kesehatan Jangan Berlebihan Mengonsumsinya

Inilah 7 Bahaya Daun Singkong, Meski Kaya Manfaat untuk Kesehatan Jangan Berlebihan Mengonsumsinya

Jika dikonsumsi berlebihan, daun singkong berpotensi membahayakan kesehatan tubuh.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Meski daun singkong kaya manfaat untuk kesehatan, namun jangan berlebihan mengonsumsinya. Pasalnya, jika makan daun singkong berlebihan justru berpotensi bisa membahayakan tubuh.

Daun singkong sejak dulu sudah menjadi bahan masakan yang lezat. Harganya murah dan gampak diperoleh menjadikan sayuran ini favorit emak-emak dan pengelola warung makan untuk dimasak.

Dengan kandungan nutrisi di dalamnya, daun singkong memang kaya manfaat untuk kesehatan. Dengan kandungan seratnya, daun singkong bisa melancarkan pencernaan dan menghindari sembelit.

Ada pula kandungan protein yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak. Sementara, kandungan zat besi dan kalorinya dapat mencegah serangan anemia dan sebagai penghasil tenaga untuk kita beraktifitas.

Daun singkong juga mengandung vitamin A dan B1 yang berguna untuk menjaga kesehatan jaringan mata dan kulit. Zat fosfor dan kalsium di dalamnya berguna untuk pembentukan massa tulang dan memperkuat tulang dari.

Baca juga:11 Manfaat Daun Singkong Yang Jarang Diketahui, Bagus Bagi Ibu Hamil Hingga Mengatasi Radang Sendi

Namun, dibalik manfaatnya yang luar biasa, bahaya daun singkong jika dikonsumsi berlebihan pun mengancam. Berikut ini efek samping daun singkong jika dimakan secara berlebihan dilansir dari halosehat:

1. Menyebabkan keracunan

Kandungan senyawa linamarin dan lotaustralin pada daun singkong berpotensi menjadi racun sianinda. Jika ini mengendap dan mengiritasi di jaringan tubuh dapat mengakibatkan keracunan. Tandanya keracunan, muntah muntah.

2. Sakit perut

Jika makan terlalu banyak daun singkong, asam lambung bisa naik. Dinding lambung bisa tertekan dan terluka, karena senyawa yang ada pada daun singkong bersifat sianida bisa mengacaukan sistem dan kinerja jaringan perut, sehingga akan menyebabkan sakit perut, mual-mual, disertai muntah.

3. Sakit kepala

Senyawa linamarin dan lotaustralin pada daun singkong juga dapat bertindak sebagai racun yang menghambat kelancaran peredaran darah di sekitar kepala. Kondisi ini bisa memicu ketegangan otot saraf kepala, sehingga menimbulkan sakit kepala.

Baca lagi:Apakah Daun Singkong Aman untuk Pengidap Asam Urat? Simak Ulasannya Di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: