Apakah Daun Singkong Aman untuk Pengidap Asam Urat? Simak Ulasannya Di Sini

Apakah Daun Singkong Aman untuk Pengidap Asam Urat? Simak Ulasannya Di Sini

Daun singkong tak dianjurkan dikonsumsi bagi pengidap asam urat.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Apakah daun singkong aman untuk pengidap asam urat? daun singkong teryata tinggi purin yang dapat memicu kadar asam urat meningkat, sehingga penderita asam urat lebih baik menghindarinya.

Daun singkong sejak dulu menjadi salah satu sayuran untuk diolah menjadi berbagai menu makanan. Sebut saja diolah jadi buntil, tumis, urap, gulai daun singkong, dan aneka olahan lainnya. 

Harga daun singkong murah dan mudah didapat. Bahkan, di pedesaan banyak warga menanam tanaman singkong, sehingga daunnya tinggal dipetik saja jika ingin memasaknya.

Dengan harganya yang terjangkau, kandungan nutrisinya banyak sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Daun singkong mengandung karbohidrat, protein, flavonoid, mineral, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Semuanya baik untuk tubuh.

Baca juga:11 Manfaat Daun Singkong Yang Jarang Diketahui, Bagus Bagi Ibu Hamil Hingga Mengatasi Radang Sendi

Manfaat daun singkong untuk kesehatan memang luar biasa. Diantaranya mengatasi diare, meningkatkan imunitas tubuh, mengontrol berat badan, mencegah infeksi bakteri, baik untuk ibu hamil, melancarkan pencernaan hingga menurunkan kolesterol. 

Meski daun singkong kaya manfaat, tak semua orang dianjurkan atau diperbolehkan untuk mengonsumsi daun singkong. Salah satu yang tidak boleh mengonsumsi daun singkong adalah pengidap asam urat. Sebab, daun singkong mengandung purin sedang, yang dapat memicu meningkatkan kadar asam urat.

Oleh karena itu, bagi penderita asam urat jangan makan daun singkong dulu. Apalagi di saat kumat. Agar rasa sakit yang disebabkan asam urat berkurang seperti rasa nyeri, bengkak, hingga rasa nyeri di persendian. 

Asam urat sebenarnya diproduksi oleh tubuh secara alami saat memecah senyawa kimia purin. Purin ini terdapat dalam tubuh atau dari makanan tertentu, seperti daun singkong. 

Baca lagi:Manfaat Semangka untuk Asam Urat dan Cara Mengonsumsinya, Bisa Redakan Nyeri dan Menurunkan Asam Urat

Menurut penelitian, daun singkong memiliki kandungan purin dalam jumlah sedang. Kandungan purin ini berpotensi meningkatkan kadar asam urat.

Namun, pada penelitian yang dilakukan pada tikus, tikus yang diberi ekstrak daun singkong secara oral tidak menunjukkan peningkatan kadar asam urat secara signifikan.

Para peneliti pun menyimpulkan, asam urat tidak hanya dipengaruhi oleh asupan purin. Akan tetapi, asam urat juga dipengaruhi oleh fungsi ginjal yang normal.

Sebab, ginjal yang berfungsi dengan normal memiliki peran penting dalam mengelola kadar asam urat, dan mengatur ekskresi asam urat yang berlebihan di dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: