11 Manfaat Daun Singkong Yang Jarang Diketahui, Bagus Bagi Ibu Hamil Hingga Mengatasi Radang Sendi

11 Manfaat Daun Singkong Yang Jarang Diketahui, Bagus Bagi Ibu Hamil Hingga Mengatasi Radang Sendi

Daun singkong kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Jangan remehkan daun singkong. Di balik cita rasanya yang lezat, manfaat daun singkong untuk kesehatan begitu luar biasa, seperti mengatasi radang sendi hingga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil.

Olahan daun singkong tentu sudah tak asing lagi, baik di pedesaan maupun perkotaan. Olahan daun singkong akan dengan mudah ditemukan di restoran maupun warung-warung makan. 

Daun singkong berasal dari tanaman singkong atau Manihot esculenta. Tanaman ini banyak tumbuh subur di wilayah pedesaan. Maka tak heran, orang di desa tinggal memetik daun singkong muda untuk diolah menjadi menu kesukaannya, baik itu direbus, ditumis, atau dibuat sayur.

Bukan hanya memiliki cita rasa yang lezat, dengan kandungan nutrisi di dalamnya, daun singkong kaya manfaat untuk kesehatan. Daun singkong diantaranya memiliki kandungan kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, fosfor, besi, natrium, kalium, seng, dan beta karoten.

Tak hanya itu, daun singkong juga memiliki kandungan vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin, dan vitamin C.

Baca juga:Daun Pepaya Ternyata Bisa untuk Obat Demam Berdarah, Jadikan Kulit Awet Muda Hingga Penyubur Rambut Alami

Berikut ini manfaat daun singkong yang jarang diketahui seperti dilansir dari halodoc:

1. Bagus untuk ibu hamil

Dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi, daun singkong baik untuk mencegah ibu hamil mengalami anemia. Jika ibu hamil mengalami anemia maka berisiko mengalami keguguran, gangguan janin, hingga kelahiran prematur.

2. Mengatasi diare

Dari hasil penelitian, daun singkong bersifat anti diare, sebab daun singkong mengandung etanol. 

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Sistem imunitas tubuh akan meningkat dengan rutin mengomsumsi daun singkong, sebab daun ini mengandung vitamin C dan folat.

Vitamin C juga membantu tubuh melawan bakteri dan virus. Sementara, folat bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel dengan menghindari mutasi DNA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: