Manfaat Semangka untuk Asam Urat dan Cara Mengonsumsinya, Bisa Redakan Nyeri dan Menurunkan Asam Urat

Manfaat Semangka untuk Asam Urat dan Cara Mengonsumsinya, Bisa Redakan Nyeri dan Menurunkan Asam Urat

Buah semangka bermanfaat untuk mengelola asam urat.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Benarkah semangka efektif untuk menurunkan asam urat? Dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, buah semangka ternyata efektif untuk menurunkan asam urat dan meredakan nyeri dan peradangan akibat asam urat.

Asam urat tinggi tentunya sangat menyiksa. Rasa sakit mendera di persendian. Dampaknya, rutinitas harian kita akan terganggu. Bahkan, produktivitas kita pun akan menurun.

Untuk menurunkan kadar asam urat, salah satunya dengan menerapkan pola makan yang sehat dan mengonsumsi sumber-sumber makanan yang dapat menghancurkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Salah satu sumber makanan yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar asam urat ialah buah semangka. Dengan kandungan nutrisi dalam buah ini diantaranya air, senyawa antiinflamasi, antioksidan dan fitonutrien maka bisa menurunkan asam urat dan gejala yang ditimbulkannya.

Baca juga:Inilah 6 Resep Jus Semangka untuk Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Berikut ini manfaat semangka untuk menurunkan asam urat:

1. Tinggi kandungan air

Kandungan air dalam semangka cukup tinggi. Tak hanya menyegarkan tubuh dan membantu menjaga dehidrasi, kandungan air dalam semangka ini penting untuk menghilangkan limbah di tubuh, termasuk asam urat.

Konsumsilah buah semangka secara teratur, agar fungsi ginjal meningkat. Jika fungsi ginjal bagus, maka akan membantu untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh.

2. Antiinflamasi alami

Senyawa antiinflamasi dalam semangka seperti likopen, beta-karoten, dan vitamin C dapat meredakan peradangan dan nyeri akibat asam urat.

Selain itu, dengan mengonsumsi semangka yang kaya antioksidan dapat membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat.

Baca lagi:Kaya Multivitamin, 10+ Manfaat Buah Semangka untuk Tubuh agar Tak Mudah Lemas

3. Sumber fitonutrien

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: