Inillah 7 Makanan Mengandung Kalium Tinggi yang Tak Baik Buat Penderita Gagal Ginjal Kronis

Inillah 7 Makanan Mengandung Kalium Tinggi yang Tak Baik Buat Penderita Gagal Ginjal Kronis

makanan mengandung kalium tinggi-Kunci Sehat-YouTube

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bagi penderita gagal ginjal kronis wajib untuk hindari makanan mengandung kalium tinggi. Tak baik buat untuk penyakit gagal ginjal kronis.

Penderita gagal ginjal akan semakin parah jika mengonsumsi makanan yang mengandung kalium terlalu banyak. Tubuh hanya butuh asupan kalium sebanyak 4.700 mg. 

Bila tubuh terlalu banyak mengandung kalium akan mempercepat kerusakan pada organ ginjal. Fungsinya bisa menurun dengan cepat.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal yang Wajib Diketahui! Jaga Ginjal Tetap Sehat dan Bekerja Maksimal

BACA JUGA:Inilah 6 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan Ginjal , Masalah Ginjal Bisa Diatasi dengan Cepat dan Tepat!

Dokter tidak menyarankan makanan mengandung kalium tinggi. Apa saja makanan yang bisa meningkatkan kadar kalium melebihi batas maksimal harian? Ini dia daftarnya.

1. Makanan Sayuran Tomat

Sayuran dan buah tinggi kalium sampai 300 mg bisa memperburuk organ ginjal, salah satunya tomat. Kalium yang tinggi bisa meningkatkan tekanan darah.

Membuat organ ginjal harus bekerja lebih untuk menyaring darah. Tentu saja organ ginjal yang terlalu keras kerjanya bisa memicu kerusakan.

Oleh karena itu, sayuran tomat ini tidak termasuk makanan yang bisa menurunkan sakit organ ginjal.

Sebab tomat menjadi salah satu makanan mengandung kalium tinggi. Perlu dihindari agar penderita gagal ginjal kronis segera sembuh dan pulih.

2. Makanan Buah Jeruk

Makanan seperti buah jeruk meskipun kaya akan vitamin C yang menyehatkan, tapi tidak bagi penderita gagal ginjal kronis.

Mengapa? Karena mengandung 472 mg kalium dalam 100 gramnya. Tentu saja kandungan kalium tersebut bisa melonjak melebihi ambang batas tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: