Ramadan 2024 Kian Dekat, Masih Punya Utang Puasa tapi Lupa Jumlahnya? Ini Cara Gantinya Kata Ustaz Adi Hidayat

Ramadan 2024 Kian Dekat, Masih Punya Utang Puasa tapi Lupa Jumlahnya? Ini Cara Gantinya Kata Ustaz Adi Hidayat

Ramadan 2024 Kian Dekat, Masih Punya Utang Puasa tapi Lupa Jumlahnya? Ini Cara Gantinya Kata Ustaz Adi Hidayat -Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ramadaan 2024 semakin dekat, siapa yang masih punya utang puasa? Segera diganti ya, tapi kalau lupa jumlah utang puasanya bagaimana? Berikut penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat.

Di ceramahnya Ustaz Adi Hidayat menyampaikan sebelum masuk bulan suci Ramadan, umat muslim perlu melakukan muhasabah atau evaluasi terhadap ibadah selama tahun berjalan.

Penting sekali melakukan evaluasi terhadap ibadah di tahun yang lau, siapa tahu ada ibadah wajib yang terlewatkan. Misalnya puasa Ramadan tahun lalu ada yang bolong atau utang, maka segeralah utuk diganti.

BACA JUGA:Ramadan 2024 Kian Dekat, Ustaz Adi Hidayat Berikan 3 Amalan Supaya Ampunan dari Allah Datang Selama Ramadan

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Bahwa Salat Tahajud yang Paling Baik Bukan di Tengah Malam, Tapi di Waktu Ini

Akan tetapi, bagaimana jika lupa jumlah puasa yang harus diganti? Apa yang harus dilakukan? Simak penjelasan Ustaz Adi Hidayat berikut.

1. Evaluasi atau Muhasabah Diri

Menurut Ustaz Adi Hidayat, yang pertama harus dilakukan adalah untuk mengecek kembali alasan apa yang mendasari terjadinya utang puasa.

Pastikan bahwa meninggalkan puasa karena alasan syar'i atau dalam keadaan darurat, bukan karena alasan yang disengaja untuk tidak berpuasa.

Misalnya: Tidak berpuasa karena sedang melahirkan/menyusui, tidak berpuasa karena kesehatannya terganggu, tidak berpuasa karena sedang musafir atau dalam perjalanan .

2. Berniat untuk Mengganti

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan untuk menanamkan dalam diri dengan berniat mengganti puasa, apapun alasan yang menyebabkan meninggalkan puasa, maka wajib untuk menggantinya.

Jika alasan meninggalkan puasa karena alasan yang tidak diperbolehkan maka segeralah bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah.

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Bagikan 5 Resep Hidup Rukun dengan Tetangga, Meskipun Beda Agama dan Keyakinan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: