5 Manfaat Kurma untuk Berbuka Puasa, Sumber Energi hingga Meningkatkan Kesehatan Otak

5 Manfaat Kurma untuk Berbuka Puasa, Sumber Energi hingga Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat kurma untuk berbuka puasa luar biasa.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kurma sangat familiar di bulan Ramadhan. Umat muslim banyak menjadikan Kurma sebagai menu berbuka puasa

Berbuka puasa dengan kurma merupakan sunnah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Namun, dari sisi kesehatan, berbuka puasa dengan kurma pun banyak manfaatnya bagi kesehatan kita.

Saat puasa, pola makan kita berubah. Dari tiga kali sehari, menjadi dua kali sehari yakni saat berbuka dan sahur. Untuk itu, asupan makanan yang masuk pun harus diperhatikan dengan baik. Agar puasa bisa berjalan dengan baik.

Salah satu pola makan yang perlu dibiasakan saat berpuasa ialah dianjurkan berbuka dengan makanan atau minuman manis. Salah satunya berbuka puasa dengan kurma.

Baca juga:Meningkatkan Kesuburan, Ini 9 Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Selain mengikuti ajaran Nabi, kurma juga memang kaya akan nutrisi. Dilansir dari laman Medical News Today dilansir dari halodoc, buah kurma memiliki kandungan kalori, lemak, karbohidrat, protein, serat, dan vitamin B6.

Kurma juga mengandung sejumlah mineral seperti zat besi, magnesium, dan potasium. Semua nutrisi itu baik untuk kesehatan tubuh. 

Buah kurma kandungan gulanya memang cukup tinggi. Namun, makan kurma dalam jumlah sedang tidak meningkatkan kadar gula darah seseorang secara berlebihan, bahkan bagi para pengidap diabetes sekalipun. 

Pasalnya, kurma termasuk makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Sehingga tidak menghasilkan peningkatan gula darah yang signifikan pada orang dengan atau tanpa kondisi diabetes.

Baca lagi:Bantu Turunkan Berat Badan secara Efektif, Begini Cara Melakukan Diet Kurma

Inilah manfaat kurma untuk berbuka puasa:

1. Sumber energi

Tubuh tentu akan terasa lemah dan lelah setelah berpuasa seharian. Apalagi jika aktivitas saat berpuasa cukup padat. Oleh karena itu, berbuka puasa dengan kurma bisa membantu mendapatkan kembali energi yang hilang.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: