Ramadan 2024: Bolehkah Ibu Hamil tidak Berpuasa Ramadan? Berikut Penjelasan Hukumnya dari Ustaz Adi Hidayat

Ramadan 2024: Bolehkah Ibu Hamil tidak Berpuasa Ramadan? Berikut Penjelasan Hukumnya dari Ustaz Adi Hidayat

Ramadan 2024: Hukum Puasa Ramadan bagi Ibu Menyusui, Wajib Berpuasa Kah? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat-Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Jelang Ramadan 2024 ini masih banyak yang belum paham hukum puasa Ramadan bagi ibu hamil, dalam kajian Ustaz Adi Hidayat menjelaskan hukumnya sesuai yang ada dalam Al Quran dan hadist.

Mengutip dari berbagai ceramah Ustaz Adi Hidayat, beliau menyampaikan tentang hukum untuk ibu hamil yang tidak menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

Menurut Ustaz Adi Hidayat hukum puasa Ramadan itu wajib bagi setiap umat muslim yang beriman. Jadi bagi muslim laki-laki maupun perempuan semuanya wajib mengerjakan ibadah puasa.

Lalu, apa hukum puasa bagi ibu yang sedang hamil? Bolehkan tidak berpuasa? Berikut penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat:

BACA JUGA:Ramadan 2024: Hukum Puasa Ramadan bagi Ibu Menyusui, Wajib Berpuasa Kah? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Mau Tahu Zikir Penggugur Dosa Masa Lalu? Ustaz Adi Hidayat Bagikan Rahasia Zikir Singkat dari Rasulullah SAW

"Hukum asli puasa itu wajib bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan, tapi ada beberapa yang diperbolehkan tidak berpuasa," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menyampaikan bahwa diantara orang yang boleh tidak berpuasa adalah seorang ibu yang sedang hamil dan khawatir atas keselamatan kandungannya.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa meskipun secara fisik ibu hamil terlihat sehat, tapi kehamilan adalah kondisi yang dianggap sakit dan semua ulama sepakat bahwa ada keringanan boleh tidak berpuasa Ramadan.

Menurut Ustaz Adi Hidayat saat seorang ibu sedang hamil, dia harus memperhatikan kesehatan diri dan bayi dalam kandungannya, sehingga atas dasar keselamatan itulah baginya keringan untuk tidak berpuasa Ramadan.

BACA JUGA:Apa Amalan Terbaik dari Anak untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal? Simak Penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Nasihat Buya Syakur: Cara Cepat Dapat Jodoh bagi Laki-laki, Lakukan Amalan Ini Agar Jodoh Terbaik Lekas Datang

Lantas, bagaimana cara mengganti puasa yang ditinggalkannya?

Menurut Ustaz Adi Hidayat seorang ibu yang sedang hamil maka dia harus memperhatikan kesehatan dirinya dan calon bayi yang ada dalam kandungannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: