Rumah dan Jembatan Rusak Karena Longsoran di Lebakbarang, Polisi dan Warga Gerak Cepat Evakuasi

Rumah dan Jembatan Rusak Karena Longsoran di Lebakbarang, Polisi dan Warga Gerak Cepat Evakuasi

Personel Polsek Lebakbarang ikut kerja bakti bersihkan material longsor di Desa Sidomulyo.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Hujan deras yang mengguyur wilayah Lebakbarang Minggu siang, 3 Maret 2024, menyebabkan arus air di Sungai Sido meluap dan mengakibatkan pondasi rumah milik seorang warga Desa Sidomulyo tergerus. 

Rumah milik Sudjarwo (50) ini terletak persis di pinggir kali Sido, sehingga bagian dapur rumah tersebut ambruk.

Kapolsek Lebakbarang Iptu Dulsalim, Senin, 4 Maret 2024, disela-sela kegiatan kerja bakti pembersihan material longsor, mengatakan, dalam musibah tersebut tidak hanya menimpa rumah saja. Kandang sapi milik Sudjarwo beserta 2 ekor sapi yang terletak di sebelah sungai ikut hanyut terkena dampak meluapnya Kali Sido.

“Peristiwa tersebut terjadi lantaran hujan deras yang mengguyur Lebakbarang sejak Minggu siang hingga malam sekitar pukul 18.30 WIB,” kata Kapolsek Lebakbarang.

Selain itu, Iptu Dulsalim menambahkan, hujan deras juga mengakibatkan longsoran tanah dan pohon tumbang menutup Jembatan Sidomulyo. Jembatan ini merupakan jembatan penghubung utama antar Desa Sidomulyo, Pamutuh, Timbangsari, Depok, Tembelanggunung dan Wonosido.

Baca juga:Banjir Bandang Sapu Pegunungan Lebakbarang, 3 Ekor Sapi Hilang, 2 Rumah Warga, Warung dan Jembatan Rusak

“Pada Minggu malam, jembatan belum bisa dilewati baik kendaraan roda 2 maupun roda 4. Warga kerja bakti hingga dini hari dan pagi ini sudah bisa dilalui lagi,” terang Kapolsek Lebakbarang.

Terkait dengan peristiwa itu, Kapolsek Lebakbarang mengungkapkan, pihaknya segera melaksanakan pengecekan bencana tanah longsor di Dukuh Sidolor, Desa Sidomulyo. Malam itu juga, anggota Polsek Lebakbarang bersama Koramil dan warga setempat bergerak cepat melakukan pembersihan material longsor yang menutupi akses jalan dan membersihkan rumah korban.

“Pagi ini kami bersama masyarakat melakukan kerja bakti pembersihan material longsor, dan Alhamdulillah akses jembatan yang tertutup longsor sudah bisa dilewati kendaraan roda 2 dan juga roda 4,” ungkap Iptu Dulsalim.

Kapolsek Lebakbarang mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun dua ekor sapi hanyut terbawa arus Sungai Sido. Kerugian materiil ditaksir mencapai Rp80 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: