Nasihat Buya Syakur: Cara Membuka Mata Batin Sendiri, Inilah Amalan Keajaiban dari Siti Maryam & Nabi Zakaria

Nasihat Buya Syakur: Cara Membuka Mata Batin Sendiri, Inilah Amalan Keajaiban dari Siti Maryam & Nabi Zakaria

Nasihat Buya Syakur: Cara Membuka Mata Batin Sendiri, Inilah Amalan Keajaiban dari Siti Maryam & Nabi Zakaria-FOTO -Malikha

"Aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah. Maka, aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini," kata Siti Maryam dalam kisah itu. 

Menurut Buya Syakur puasa bicara yang dilakukan oleh Maryam membuat ia mampu mendengarkan suara bayi yang masih berada dalam kandungannya. Bayi itu pulalah yang kemudian menjawab hujatan banyak orang kepadanya.

Seorang manusia terlalu banyak berbicara, menurut Buya Syakur tidak akan mampu menangkap isyarat-isyarat gaib yang datang kepadanya. Suara mulut manusia terlalu riuh sehingga isyarat-isyarat yang datang dari alam tidak dapat ditangkap oleh batinnya.

Dalam Al Quran juga mengisahkan puasa bicara yang pernah ditempuh Nabi Zakaria. Peristiwa itu berlangsung ketika Zakaria akan dikaruniai seorang anak, setelah ia bertahun-tahun menunggu datangnya keturunan, hingga usianya renta.

Dalam Surat Maryam, Ayat 8, diceritakan bahwa Zakaria AS sulit memercayai kabar kehadiran anak yang kelak bernama Nabi Yahya itu karena usianya waktu itu sudah sangat tua, sementara istrinya adalah seorang perempuan mandul.

"Apa tandanya, ya, Allah," demikian Zakaria bertanya. Lalu, Allah menjawab, "Tanda bagimu adalah kamu tidak dapat bercakap-cakap dengan manusia selama tiga malam" (QS Maryam 19: 10).

Ayat itulah dalil yang kemudian dipegang Zakaria AS sebagai perintah Tuhan untuk menjalankan puasa bicara guna mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan kepadanya.

Di kemudian hari, kisah penting ini menjadi etos kultural dalam kehidupan setiap keluarga Muslim. Kepada para suami yang istrinya sedang mengandung, disarankan untuk tidak terlalu banyak berbicara.

Jika seorang suami menjalankan puasa bicara selama istrinya mengandung, dipercayai ia akan dianugerahi seorang anak seperti Yahya AS yang cerdas, arif, berhati lembut, dan bertakwa kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Nasihat Buya Syakur: Kamu Sering Diremehkan Orang? Baca Zikir Ini supaya Kamu Berwibawa dan Berkarisma

BACA JUGA:Inilah 3 Arti Mimpi yang Diyakini Sebagai Tanda Akan Datangnya Kebahagiaan Menurut Primbon Jawa, Apa Saja?

Buya Syakur menyampaikan ketika mengerjakan amalan puasa bicara makan akan hadir dalam dirinya berbagai keajaiban yang tidak dimiliki orang lain, mata batinnya akan terbuka sehingga mampu merasakan apa yang orang lain tidak rasakan.

Itulah amalan dari nasiyah Buya Syakur berupa puasa diam, amalan keajaiban dari Siti Maryam dan Nabi Zakaria. Jika dikerjakan dengan benar makan keajaiban akan hadir dalam hidupnya dan seakan mata batinnya akan terbuka untuk memahami banyak hal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: