3 Kerugian Emosional Karena Pocketing Relationship, Kesehatan Mentalmu Dipertaruhkan!

3 Kerugian Emosional Karena Pocketing Relationship, Kesehatan Mentalmu Dipertaruhkan!

Kerugian emosional karena pocketing relationship--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Setuju untuk disembunyikan dalam hubungan bisa mendatangkan beberapa kerugian emosional,  karena pocketing relationship yang memiliki dampak serius pada hubungan dan dirimu sebagai individu.

Mungkin kamu menganggap bahwa pocketing relationship yang merupakan situasi di mana salah satu atau kedua pasangan menyembunyikan hubungan dari orang-orang terdekat bahkan publik bukanlah perkara yang besar.

Akan tetapi, ternyata kerugian emosional karena pocketing relationship bisa sangat berbahaya untukmu. Ini karena hubungan yang disembunyikan bisa mendatangkan banyak konflik dan menekan emosimu.

Lantas, apa saja sebenarnya kerugian emosional karena pocketing relationship tersebut? Kamu bisa menyimak artikel ini sampai akhir untuk bisa lebih berhati-hati agar tidak terjebak dalam jenis hubungan yang satu ini.

BACA JUGA Salah Kaprah! Ini 5 Perbedaan Tipis Antara Red Flag dan Green Flag yang Sering Disalahartikan

Rusaknya harga diri dan kepercayaan diri

Situasi pocketing relationship yang berjalan terus-menerus karena pasanganmu tidak pernah benar-benar memutuskan kapan akan memublikasikan hubungan kalian bisa mendatangkan dampak buruk kerugian emosional karena pocketing relationship berupa rusaknya harga diri dan kepercayaan dirimu.

Harga dirimu akan semakin terluka, karena perlakuan pasangan yang menyembunyikanmu ini akan membangun opini bahwa kamu tidak layak untuk dipamerkan. Akibatnya, kamu pun mulai memandang dirimu melalui kacamata negatif. Tidak hanya dalam konteks hubungan, penilaian negatif terhadap diri sendiri ini juga bisa merambah ke konteks lain dalam kehidupan.

Meski mulanya kamu tidak masalah dengan situasi ini, berada dalam pocketing relationship dalam waktu yang lama akan membuat kepercayaan dirimu terkikis dan goyah. Bagaimanapun, pasangan merupakan salah satu orang terdekatmu dan sikap mereka terhadapmu akan sangat berpengaruh pada bagaimana kamu menilai dirimu sendiri.

BACA JUGA Sudahkah Kamu Tahu Apa Itu Pocketing Relationship? Ini 7 Tanda Pacaran Diam-Diam dengan Maksud Tersembunyi!

Merasa terisolasi dan tertolak terutama oleh pasangan sendiri

Dengan tidak dikenalkannya kamu kepada orang-orang terdekatnya seperti keluarga, teman, kolega, dan lainnya, kamu akan merasa tidak terhubung dengan kehidupan pasanganmu. Semakin lama, ini juga akan berujung pada perasaan terisolasi.

Tidak dilibatkan dengan lingkungan terdekat pasanganmu bukanlah hal yang sepele. Sebab, pada dasarnya lingkungan seperti keluarga, teman, kolega, hingga media sosial merupakan ruang di mana ikatanmu dan pasangan bisa terus berkembang.

Namun, jika pintu untuk mengaksesnya ditutup rapat oleh pasanganmu, hubungan kalian tidak akan berjalan ke mana-mana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: