Awas! Kumur-Kumur Karena Sakit Gigi Bisa Membatalkan Puasa, Ini 5 Cara Atasi Sakit Gigi Biar Aman

Awas! Kumur-Kumur Karena Sakit Gigi Bisa Membatalkan Puasa, Ini 5 Cara Atasi Sakit Gigi Biar Aman

Kumur-kumur karena sakit gigi bisa membatalkan puasa--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Mulanya, berkumur tidak membatalkan puasa, tetapi khusus kumur-kumur karena sakit gigi bisa membatalkan puasa.

Dalam sebuah tausiyah Mamah Dedeh yang disiarkan oleh stasiun televisi tvOne, pendakwah perempuan tersebut mengungkapkan bahwa terdapat kemungkinan puasa batal karena berkumur saat puasa.

Ini karena biasanya, kumur-kumur karena sakit gigi dilakukan dengan menggunakan air garam. Terdapat perasa dalam air yang kemungkinan bisa tertelah. 

“Kalau ada yang tersisa (air garam) terus terasa garamnya, kemudian Anda nelen, puasa Anda batal. Karena ludah Anda tercampur dengan garam,” jelas Mamah Dedeh tentang mengapa kumur-kumur karena sakit gigi bisa membatalkan puasa.

BACA JUGA Suka Marah-Marah Saat Berpuasa Adalah Tanda Orang Tidak Bertakwa, Mamah Dedeh: Kendalikan Hawa Nafsu!

Menanggapi hal ini, Mamah Dedeh memberikan saran bahwa sebaiknya orang yang sedang sakit gigi segera mengeluarkan air garam yang digunakan untuk berkumur dan membilasnya dengan air.

“Keluarkan seratus persen, yang penting gigi saya sudah terkena air garam. Buru-buru berkumur dengan air putih. Khawatir air garamnya tercampur dengan ludah Anda, tertelan oleh Anda, saat itu puasanya batal tanpa tawar menawar,” jelas Mamah Dedeh.

Ini sama hukumnya jika berkumur dengan air dan campuran bahan lain seperti cuka, hydrogen peroksida, dan lainnya.

Meskipun menurut Mamah Dedeh ada potensi untuk mengamankan puasa jika kamu berhati-hati, tetapi akan lebih baik jika kamu mencari alternatif lain untuk pengobatan sakit gigi saat berpuasa.

Berikut disajikan beberapa pilihan cara mengatasi sakit gigi untuk menjawab kekhawatiranmu tentang kenyataan bahwa kumur-kumur karena sakit gigi bisa membatalkan puasa.

Mengompres dengan es batu

Salah satu alternatif untuk mengatasi sakit gigi saat berpuasa tanpa memunculkan potensi batalnya puasa adalah dengan mengompres pipi dengan es batu.

Untuk menggunakan cara ini, kamu bisa memasukkan es batu ke dalam plastik kecil atau kain yang tidak terlalu tebal kemudian menempelkannya pada pipi di balik gigi yang sakit selama 15 menit.

Cara untuk menghindari kemungkinan kumur-kumur karena sakit gigi bisa membatalkan puasa bisa ampuh karena berperan mengebaskan saraf gigi yang sedang sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: