Butuh Perbaikan, Tiga TPS di Wilayah ini Jadi Sorotan DLH Batang

Butuh Perbaikan, Tiga TPS di Wilayah ini Jadi Sorotan DLH Batang

Butuh Perbaikan, Tiga TPS di Wilayah ini Jadi Sorotan DLH Batang-IST-IST

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Penanganan sampah masih mmenjadi prioroitas utam Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten BATANG. Salah satu yang menjadi sorotan DLH BATANG adalah tiga titik TPS di Jalan Pemuda BATANG yang perlu dilakukan perbaikan. 

Pasalnya di wilayah Batang Kota ini TPS perlu ditata lebih baik sehingga dapat mendukung kebersihan dan estetika kota. 

“Kami fokus pada tiga titik utama di Jalan Pemuda: pabrik teh Kadilangu, sebelah gang botol, dan dekat Jembatan tol. Tahun ini, kami akan melakukan perbaikan,” ujar Kepal DLH Batang, A Handy Hakim saat diwawancarai, Rabu 20 Maret 2024.

Pihaknya menyebut saat ini Rencana Detail Engineering Design (DED) sedang disusun untuk tiga TPS tersebut. Hal ini dilakukan agar sampah tidak meluber hingga ke jalan raya. 

“Sesuai arahan Bu Pj Bupati, desain TPS harus memastikan tidak ada sampah yang berserakan, dan kami berencana untuk memundurkan area pembuangan agar ada ruang manuver untuk truk,” terang Hakim.

Meski begitu pihaknya masih punya kekhawatiran terhadap kesadaran masyarakat yang masih rendah untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Terlebih hal ini pasti membutuhkan proses dan waktu yang tak sedikit. 

“Kami menghadapi dilema ketika memindahkan bangunan ke belakang. Apakah masyarakat bersedia menyesuaikan cara mereka membuang sampah? Jika sampah masih dibuang sembarangan, maka upaya kami tidak akan efektif,” ungkapnya.

Solusi atas masalah sampah ini memerlukan edukasi yang berkelanjutan, peningkatan disiplin masyarakat, serta regulasi yang jelas mengenai waktu pembuangan sampah di TPS. 

“Kami telah mencoba sistem ‘TPS drive thru’ di Kramat, namun masih banyak yang membuang sampah di pinggir jalan. Oleh karena itu, kami akan mengatur jam pembuangan sampah. Jika tidak sesuai jadwal, TPS akan kami tutup,” tegas Hakim.

Lewat inisiatif ini, ia berharap Batang dapat menjadi contoh dalam pengelolaan sampah yang efektif dan berkelanjutan. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan