Bisakah Buah dan Daun Kersen Mengobati Asam Urat? Simak Ulasannya di Sini

Bisakah Buah dan Daun Kersen Mengobati Asam Urat? Simak Ulasannya di Sini

Buah kersen dan daun kersen kaya manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi asam urat.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bisakah buah kersen dan daunnya mengobati asam urat? Pertanyaan ini kerap terlontar di benak penderita asam urat. Untuk itu, simak ulasan singkatnya di sini.

Tanaman kersen atau klesem atau talok kerap dijumpai di pinggir jalan atau taman dan kebun. Masyarakat masih banyak menganggapnya sebagai tanaman liar yang kurang bermanfaat.

Tanaman kersen kerap dipakai sebagai tanaman peneduh semata. Bahkan, tanaman ini kerap ditebang karena sistem perakarannya yang dinilai bisa merusak bangunan di sekitarnya.

Padahal, buah kersen kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Tak hanya buahnya, daun kersen pun kaya manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat buah kersen dapat membantu mengatasi penyakit asam urat karena bersifat anti peradangan. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan vitamin C, antibiotik alami, antosianin, dan flavonoid. 

Baca juga:8 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Menurunkan Gula Darah, Asam Urat dan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan antioksidan dalam buah kersen juga tinggi. Oleh karena itu, buah kersen diyakini mampu mencegah stres oksidatif akibat radikal bebas. Sehingga, diyakini mampu mencegah penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, bahkan alzheimer.

Bahkan, dengan sifat anti radangnya, buah kersen diyakini dapat meredakan rasa nyeri, termasuk nyeri akibat asam urat tinggi. Kandungan flavonoid di dalam buah kersen dapat menghambat enzim xantin oksidase. Enzim ini berperan dalam meningkatkan asam urat di dalam tubuh.

Dari kandungan tersebut, buah kersen diyakini dapat menurunkan kadar asam urat. Untuk membuktikannya, telah dilakukan penelitian dengan objek mencit. Peneliti menemukan, mencit yang diberikan ekstrak buah kersen mengalami penurunan kadar asam urat.

Namun, penelitian ini baru dilakukan pada hewan. Belum ada penelitian yang membuktikan buah kersen ampuh mengobati asam urat pada manusia.

Baca lagi:8 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan, Cegah Asam Urat hingga Jaga Kesehatan Ginjal

Dari riset yang sama, peneliti menemukan bahwa daun buah kersen juga dapat bermanfaat untuk penyakit asam urat. Pasalnya, daun tersebut memiliki kandungan hampir sama dengan buahnya.

Cara mengolah daun kersen untuk obat asam urat biasanya dengan merebusnya. Dilansir dari sajiansedap.grid.id, caranya dengan menyiapkan 10 lembar daun kersen dan air secukupnya. 

Selanjutnya, rebus 10 lembar daun kersen tersebut ke dalam air mendidih dan masak sampai air berubah warna. Bila airnya sudah berubah warna dan daun menjadi layu, segera matikan api untuk didiamkan hingga dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: