8 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan, Cegah Asam Urat hingga Jaga Kesehatan Ginjal

8 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan, Cegah Asam Urat hingga Jaga Kesehatan Ginjal

Kulit melinjo tak hanya sekadar enak dimasak, namun kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kulit melinjo banyak diolah menjadi masakan yang lezat. Dibalik citarasanya yang khas dan lezat, Kulit melinjo pun kaya manfaat untuk kesehatan, mulai dari mencegah asam urat hingga menjaga kesehatan ginjal.

Tanaman melinjo memang multi purpose tree's atau tanaman serbaguna. Lantaran semua bagian dari tanaman ini mulai dari akar, batang pohon, bunga, daun dan buahnya memiliki manfaat. 

Bagi pecinta kuliner tentunya tak asing dengan daun melinjo, bunga, daging dan kulit melinjo. Bagian-bagian dari tanaman melinjo ini bisa diolah menjadi masakan yang enak. 

Daging melinjo, misalnya, bisa diolah menjadi emping. Kulit melinjo dimasak menjadi tumis atau campuran sayur asem. Demikian pula bunga dan daunnya bisa untuk bahan sayur asem.

Kulit melinjo banyak dijual di pasar. Pedagang sayur keliling pun kerap membawanya. Harganya sangat terjangkau. 

Baca juga:Meski Tinggi Purin, Ini 12 Manfaat Emping Melinjo untuk Kesehatan

Cara memasak kulit melinjo juga simpel. Dengan tekstur rasanya yang khas, kulit melinjo ini bisa menjadi masakan yang nikmat.

Kulit melinjo tak sekadar nikmat untuk kuliner, tapi kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, kulit melinjo kaya akan nutrisi.

Dilansir dari laman Fakultas Pertanian Universitas Medan Area, kulit melinjo memiliki kandungan berupa kalsium dan fosfor, beta karoten, likopen, dan mangan. Selanjutnya, ada potasium, zink dan magnesium.

Berkat kandungannya di atas, kulit melinjo bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan gigi dengan kandungan kalsium dan fosfornya. Mampu menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan katarak karena memiliki kandungan beta karoten dan likopen.

Baca lagi:Emping Tinggi Purin, Tak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Kulit melinjo bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan mengatasi gangguan saraf, sehingga cocok dikonsumsi untuk manula.

Tak hanya itu, kulit melinjo bisa mencegah stroke karena tingginya kandungan potasium. 

Kulit melinjo mampu mengatasi kram dan nyeri otot karena memiliki kandungan magnesium. Serta mampu mengatasi masalah jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: