Emping Tinggi Purin, Tak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Emping Tinggi Purin, Tak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Emping tinggi purin.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Meski doyan emping, penderita asam urat harus menghindarinya dulu. Sebab, emping tinggi purin yang bisa memicu naiknya kadar asam urat.

Asam urat memang disebabkan oleh kadar asam urat terlalu banyak di dalam tubuh. Salah satu pemicunya akibat terlalu sering dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. 

Tubuh secara alami akan memproduksi purin. Namun, purin juga terkandung dalam beberapa jenis makanan. Asam urat merupakan produk sampingan dari purin. 

Beberapa jenis makanan diketahui mengandung purin tinggi. Makanan inilah yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Salah satu makanan yang tinggi purin ialah emping melinjo.

Baca juga:9 Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat, Tak Hanya Sekedar Jeroan dan Durian

Baca lagi:Asam Urat Minggat! Ini 2 Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Salam

Dilansir dari laman rskariadi, bagi penderita asam urat disarankan untuk tidak mengonsumsi emping. Pasalnya, dalam 100 gram emping, kadar purinnya bisa mencapai sekitar 150-800 mg. Jumlah ini cukup tinggi. Sehingga akan memaksa tubuh memproduksi asam urat dalam jumlah yang tidak sedikit untuk memecah purin.

Selain emping, beberapa makanan lainnya yang sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat adalah jeroan, kaldu daging, sosis, bebek, burung, ikan sarden, ikan makerel serta makanan laut seperti kerang, udang, serta cumi. Sebab makanan ini tinggi purin.

Agar tak kambuh, penderita asam urat tinggi wajib menjalankan pola makan sehat dan diet rendah purin. Meski berobat, jika tak diimbangi dengan mengurangi makan-makanan tinggi purin maka asam urat tak lekas turun.

Oleh karena itu, penderita asam urat tinggi harus mulai mengontrol diri untuk tidak sembarangan makan makanan tinggi purin. Sebab, saat asam urat kambuh, sendi akan berasa nyeri sehingga menganggu aktivitas harian.

Baca juga:11 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Meredakan Nyeri Sendi hingga Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Baca lagi:10 Manfaat Bunga Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Mengobati Asam Urat hingga Meredakan Flu Batuk

Prof HM Hembing Wijayakusuma dalam bukunya yang berjudul Atasi Rematik dan Asam Urat ala Hembing menyebutkan, diet rendah purin perlu dilakukan oleh penderita asam urat. Dengan batas aman konsumsi purin maksimal 150 miligram per hari. 

Kandungan purin dalam emping melinjo tinggi dan mendekati batas aman konsumsi purin per hari, maka penderita asam urat tidak boleh menjadikan emping sebagai camilan harian.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: