9 Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat, Tak Hanya Sekedar Jeroan dan Durian

9 Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat, Tak Hanya Sekedar Jeroan dan Durian

Makanan pantangan bagi penderita asam urat.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Salah satu penyebab asam urat tinggi ialah mengonsumsi makanan dan minuman tinggi purin. Untuk itu, pahami sembilan makanan pantangan bagi penderita asam urat berikut ini, agar asam urat tidak terus menerus tinggi.

Salah satu makanan tinggi purin yang memicu tingginya asam urat adalah jeroan. Hampir semua penderita asam urat memahami ini dan berusaha mengurangi mengonsumsi jeroan agar tidak terserang asam urat.

Untuk minuman, penderita asam urat perlu menghindari minuman tinggi gula. Sebab, fruktosa dapat memperburuk rasa sakit dari asam urat. Nyeri akan terasa kian memilukan.

Makanan tinggi purin harus dihindari oleh penderita asam urat. Langkah ini dilakukan untuk mencegah meningkatnya timbunan kristal asam urat di dalam tubuh. Meskipun dalam faktanya, purin banyak ditemukan dalam sel makhluk hidup termasuk hewan dan tumbuhan, sehingga sulit untuk sama sekali tidak mengomsumsinya.

Baca juga:Ini Dia 6 Resep Jamu Rebus Parut untuk Menurunkan Asam Urat dan Tekanan Darah secara Alami

Meski demikian, penderita asam urat sebisa mungkin untuk menghindari makanan pantangan asam urat semaksimal mungkin. Agar asam urat dalam tubuh tak kian menjadi-jadi. 

Berikut ini sembilan makanan pantangan bagi penderita asam urat:

1. Jeroan

Bagi penderita asam urat, sudah familiar jika jeroan merupakan makanan pantangan yang harus dihindari sebisa mungkin. Sebab jeroan seperti jantung, babat, hati, usus, ampela, dan sejenisnya diketahui mengandung purin yang cukup tinggi. 

Oleh karena itu, hindari makan jeroan untuk mencegah asam urat. Bahkan pada saat asam urat kambuh, sebisa mungkin jauhi jeroan agar asam urat segera turun kembali.

Baca lagi:11 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Meredakan Nyeri Sendi hingga Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

2. Daging merah

Makanan pantangan asam urat kedua ialah daging merah. Meski kandungan purin pada daging merah tergolong sedang atau tak setinggi jeroan, tak ada salahnya untuk mengurangi mengonsumsi daging merah agar asam urat tidak kambuh.

Ingat! Penderita asam urat perlu membatasi mengonsumsi daging merah. Batas amannya ialah maksimal 100 gram dalam sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: