9 Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat, Tak Hanya Sekedar Jeroan dan Durian

9 Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat, Tak Hanya Sekedar Jeroan dan Durian

Makanan pantangan bagi penderita asam urat.-Tangkapan layar freepik.com-

3. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol merupakan pantangan bagi penderita asam urat. Pasalnya, minuman beralkohol dapat menghambat ginjal untuk membuang asam urat berlebih dalam tubuh.

Asam urat akan tersimpan di sendi apabila pembuangan asam urat berlebih dalam tubuh terganggu. Ini dapat memperburuk rasa sakit dari arthritis atau radang sendi.

Baca juga:11 Manfaat Kluwek untuk Kesehatan, Mencegah Asam Urat dan Kolesterol Hingga Memudahkan Tidur

4. Minuman tinggi gula

Meskipun minuman tinggi gula tidak mengandung purin secara langsung. Namun kandungan fruktosa dalam gula bisa menjadi penyebab asam urat tinggi. Fruktosa akan dipecah oleh tubuh dan menghasilkan purin.

Mulai sekarang batasi minuman tinggi gula, agar tak terserang asam urat atau masalah kesehatan lainnya seperti diabetes. Menurut Kementerian Kesehatan RI, batas aman asupan gula adalah 50 gram atau 4 sendok makan gula perhari.

5. Makanan laut 

Pantangan bagi penderita asam urat lainnya ialah makanan laut seperti kerang, udang, serta teri. Sebab, makanan laut ini memiliki kadar purin yang tinggi.

6. Asparagus

Meskipun asparagus kandungan folat dan kaliumnya tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, namun kandungan purinnya juga tinggi. Untuk itu, asparagus merupakan makanan pantangan bagi penderita asam urat. 

Baca lagi:Hindari 6 Sayuran Ini! Agar Asam Urat Tak Kian Parah

7. Sayur bayam

Sayur bayam mengandung purin yang cukup tinggi. Dalam 100 gram sayur bayam diketahui terdapat kurang lebih 57 gram purin.

8. Durian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: