8 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Menurunkan Gula Darah, Asam Urat dan Tekanan Darah Tinggi

8 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Menurunkan Gula Darah, Asam Urat dan Tekanan Darah Tinggi

Buah kersen kaya manfaat untuk kesehatan, seperti mengatasi asam urat, menurunkan kadar gula darah hingga menurunkan tekanan darah tinggi.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Manfaat buah kersen untuk kesehatan ternyata luar biasa. Manfaat buah kersen diantaranya mampu menurunkan gula darah, menurunkan asam urat, hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah dengan bentuk bulat kecil berwarna hijau saat belum matang dan berwarna merah saat matang ini banyak tumbuh liar di sekitar pemukiman. Bahkan, tanaman ini sering ditebang lantaran dianggap gulma yang tak berguna.

Saat kita masih kecil, buah ini menjadi salah satu favorit untuk dipetik oleh anak-anak. Pohon kersen banyak tumbuh liar di kebun dan di pinggir jalan di wilayah pedesaan. Dengan pohonnya yang tak terlalu tinggi dan rindang, cukup mudah untuk memetik buah kersen atau klesem ini.

Buah kersen yang kerap dimakan saat kita masih kecil ini acapkali dianggap tidak bernilai. Hanya buah kecil yang kerap diabaikan. Makanya, banyak pohon kersen ditebang lantaran dianggap tanaman perdu.

Padahal, manfaat buah kersen untuk kesehatan cukup banyak. Manfaat ini diperoleh dari kandungan dalam buah kersen yang meliputi vitamin, antioksidan dan antibiotik alami yang baik bagi tubuh. 

Baca juga:8 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan, Cegah Asam Urat hingga Jaga Kesehatan Ginjal

Berikut ini manfaat buah kersen bagi kesehatan tubuh seperti dilansir dari klikdokter: 

1. Menurunkan kadar gula darah

Dengan kandungan zat anti diabetes, seperti asam askorbat, serat, beta-karoten, riboflavin, niasin dan tiamin buah kersen ini cocok untuk penderita diabetes. Penderita diabetes bisa menjadikan buah ini cemilan sehat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Dengan kandungan nitric oxide, buah kersen mampu melemaskan pembuluh darah. Sehingga darah akan mengalir dengan lancar dan secara langsung menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi

Buah kersen memiliki kandungan antioksidan yang beragam dan antibiotik alami. Oleh karena itu, dengan kandungannya ini mengonsumsi buah kersen dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan bermanfaat untuk mencegah serta mengobati infeksi.

4. Menjaga kesehatan jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: