Rutinkan Minum Rebusan Daun Kersen, Inilah 9 Manfaatnya untuk Kesehatan, Asam Urat Hingga Sakit Kepala Reda

Rutinkan Minum Rebusan Daun Kersen, Inilah 9 Manfaatnya untuk Kesehatan, Asam Urat Hingga Sakit Kepala Reda

Daun kersen pun kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tak hanya buah kersen yang bermanfaat, daun kersen pun kaya manfaat untuk kesehatan. Jika air rebusan daun kersen rutin dikonsumi, diantaranya bisa meredakan asam urat, anti peradangan, pengontrol gula darah alami hingga pereda sakit kepala.

Pohon kersen yang kerap ditemui di tepi jalan dan kebun ini acapkali dipandang sebelah mata. Padahal, buah dan daunnya banyak mengandung senyawa yang bermanfaat bagi tubuh.

Buah kersen tentu sudah familiar dengan manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan. Manfaat buah kersen diantaranya untuk menurunkan gula darah, menurunkan asam urat,  menurunkan tekanan darah tinggi hingga menjaga kesehatan jantung.

Selama ini, kita seringkali hanya memanfaatkan buah kersen saja untuk dipetik dan dimakan, terutama saat kita masih anak-anak. Padahal, daun kersen juga banyak manfaatnya untuk kesehatan, seperti anti peradangan, mengontrol gula darah, pereda sakit kepala, hingga meredakan asam urat.

Baca juga:Bisakah Buah dan Daun Kersen Mengobati Asam Urat? Simak Ulasannya di Sini

Jika ingin merasakan manfaat daun kersen untuk kesehatan, maka kamu bisa mengonsumsinya secara rutin. Cobalah sajikan daun kersen dalam bentuk teh atau merebusnya sebagai ramuan.

Air rebusan daun kersen bisa diminum dua kali sehari, setiap pagi dan malam hari. Namun ingat! Jangan lupa harus menjaga pola hidup sehat dengan olahraga teratur dan konsumsi makanan bergizi, sehingga manfaat daun kersen akan terasa bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini manfaat daun kersen untuk kesehatan:

1. Meredakan asam urat

Daun kersen mengandung saponin, tannin, dan flavonoid. Ketiganya bersifat antiseptik dan antibakteri. Makanya, daun kersen merupakan obat herbal untuk mencegah perkembangan bakteri pada luka. Selain itu, senyawa aktif dalam daun kersen juga efektif untuk meredakan asam urat.

2. Mencegah tekanan darah tinggi

Dengan minum rebusan daun kersen secara rutin, akan menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca lagi:8 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Menurunkan Gula Darah, Asam Urat dan Tekanan Darah Tinggi

3. Anti peradangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: