11 Manfaat Kluwek untuk Kesehatan, Mencegah Asam Urat dan Kolesterol Hingga Memudahkan Tidur

11 Manfaat Kluwek untuk Kesehatan, Mencegah Asam Urat dan Kolesterol Hingga Memudahkan Tidur

Kluwek kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN - Manfaat kluwek untuk kesehatan banyak, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah asam urat, mencegah kolesterol, menurunkan risiko kanker hingga memudahkan tidur.

Kluwek sendiri merupakan biji dari buah picung yang diproses menjadi bahan rempah untuk masakan. Kluwek di Indonesia dikenal sebagai rempah untuk masakan berkuah seperti soto atau rawon. 

Di setiap daerah, penyebutan kluwek akan berbeda-beda. Di Sunda disebut picung atau pucung, di Toraja disebut pamarrasan, di Minangkabau disebut kepayang, di Aceh menyebutnya bak pange, dan di Jawa biasa disebut kluwek atau kluwak. 

Tanaman picung memiliki nama latin Pangium edule dan termasuk ke dalam famili Flacourtiaceae. Tanamannya mirip sekali dengan pohon randu. Pohonnya berukuran besar dan buah bergelantungan dengan siklus panen sekitar 8 bulan hingga 9 bulan sekali. 

Baca juga:7 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bumbu Masak yang Ampuh Cegah Hipertensi

Kluwek mengandung vitamin dan mineral penting yang efektif meningkatkan kesehatan tubuh. Beberapa kandungannya yakni karbohidrat, protein, lemak, serat, kalium, mangan, zat besi dan vitamin A serta C.

Manfaat kluwek mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit asam urat hingga menurunkan risiko kanker. Cara mengonsumsinya yakni dengan mencampurkan kluwek sebagai bumbu makanan.

Berikut manfaat kluwek untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kluwek bermanfaat meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Cara kerjanya dengan melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Kandungan vitamin C di dalamnya membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

2. Mencegah Kanker

Antioksidan di dalam kluwek dapat mencegah penyakit kronis lainnya seperti kanker.

Baca lagi:15 Makanan Penurun Hipertensi, Murah dan Mudah Dijumpai di Sekitar Kita

3. Mencegah Hipertensi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: