11 Manfaat Kluwek untuk Kesehatan, Mencegah Asam Urat dan Kolesterol Hingga Memudahkan Tidur

11 Manfaat Kluwek untuk Kesehatan, Mencegah Asam Urat dan Kolesterol Hingga Memudahkan Tidur

Kluwek kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

Kluwek mengandung tinggi mineral berupa kalium atau potasium yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram kluwek mengandung 680 miligram kalium. Dengan kisaran tersebut, buah ini efektif membantu mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

4. Mengatasi Infeksi Bakteri dan Jamur

Kluwek bersifat antimikroba dan antifungi yang berasal dari senyawa bioaktif di dalamnya. Sifat ini efektif melawan bakteri dan jamur, di antaranya Listeria monocytogenes, Salmonella typhimurium dan Aspergillus flavus. 

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kluwek mengandung tinggi serat yang mampu menjaga kesehatan organ pencernaan. Kandungan tersebut bekerja dengan meningkatkan pergerakan usus guna memperlancar buang air besar.

Serat juga mampu menyerap air sehingga dapat membantu menambah massa feses guna mengatasi diare. Jenis buah ini juga efektif mencegah sembelit atau konstipasi dengan melunakkan tekstur feses.

6. Mencegah Anemia

Manfaat ini berasal dari kandungan zat besi di dalamnya. Dalam satu buah kluwek mengandung 5.02 miligram zat besi atau setara dengan 62.57 persen dari angka kebutuhan harian yang direkomendasikan.  

Kekurangan zat besi berpotensi memicu munculnya gejala anemia. Di antaranya lemas dan cepat lelah, sakit kepala, sering mengantuk, kulit pucat, detak jantung tidak teratur serta dingin di area kaki dan tangan.

Baca juga:10 Manfaat Bunga Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Mengobati Asam Urat hingga Meredakan Flu Batuk

7. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kluwek mampu menurunkan potensi penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan sakit jantung. Manfaat ini berkat kandungan mineral berupa magnesium di dalamnya. Kandungan tersebut berperan dalam menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap stabil, sehingga jantung tidak bekerja keras dalam memompa darah.

8. Mencegah Penyakit Asam Urat

Kluwek efektif mencegah asam urat berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Dalam 228 gram kluwek mengandung 58.8 miligram vitamin C. Angka tersebut mampu mencukupi sekitar 65.33 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang bekerja dengan mencegah penumpukan purin pada sendi. Dengan begitu, nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas dan kemerahan pada sendi bisa dicegah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: