10 Manfaat Bunga Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Mengobati Asam Urat hingga Meredakan Flu Batuk

10 Manfaat Bunga Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Mengobati Asam Urat hingga Meredakan Flu Batuk

Bunga belimbing wuluh kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN - Manfaat bunga belimbing wuluh untuk kesehatan cukup banyak. Orang tua kita dulu sering merebus bunga belimbing wuluh ditambah gula batu untuk mengobati batuk. 

Selain terkenal untuk mengobati flu dan batuk, masih banyak manfaat bunga belimbing wuluh untuk kesehatan. Diantaranya untuk mengobati asam urat hingga nyeri sendi.

Untuk itu, tak salah jika tanaman belimbing wuluh yang memiliki nama latin Averrhoa bilimbi ini layak ditanam di pekarangan rumah. Pasalnya, tanaman ini kaya manfaat bagi kesehatan, mulai dari buahnya, bunganya bahkan hingga daunnya pun bermanfaat bagi kesehatan.

Buah belimbing wuluh sudah dikenal di kalangan emak-emak untuk bahan memasak di dapur. Biasanya untuk sayur asem, sop ikan, dan lainnya.

Namun, manfaat bunga belimbing wuluh pun tak kalah dengan buah belimbing wuluh. Bentuk bunga belimbing wuluh lebih kecil dan lebih asam rasanya bila dibandingkan buah belimbing wuluh.

Baca juga:Turunkan Hipertensi hingga Atasi Batuk Pilek, Cukup Petik Belimbing Wuluh di Pekarangan Rumah

Berikut manfaat bunga belimbing wuluh untuk kesehatan:

1.Mengobati asam urat

Untuk mengobati asam urat, coba konsumi ekstrak bunga belimbing wuluh secara rutin. Rasa nyeri dan peradangan yang disebabkan oleh asam urat akan bisa berkurang.

2.Meredakan batuk dan flu

Manfaat yang paling familiar dari bunga belimbing wuluh ialah untuk obat batuk dan flu. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin C dalam bunga belimbing wuluh. 

Caranya, rebuslah bunga belimbing wuluh dicampur madu atau gula batu. Ramuan teh belimbing wuluh ini bisa membantu meredakan gejala batuk dan pilek.

3.Mengurangi nyeri sendi

Nyeri pada sendi dapat berkurang dengan bunga belimbing wuluh. Minyak bunga belimbing wuluh untuk pijat di area nyeri sendi dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fleksibilitas sendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: