Unikal Mewisuda 490 Lulusan Program Magister, Profesi, Sarjana, Sarjana Terapan dan Diploma Periode April 2024

Unikal Mewisuda 490 Lulusan Program Magister, Profesi, Sarjana, Sarjana Terapan dan Diploma Periode April 2024

BERI - Pemberian piagam kepada para wisudawan sebagai simbol terselesaikannya masa studi di Unikal dan resmi lulus--Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebanyak 490 mahasiswa pada Wisuda Magister ke-1, Profesi ke-10, Sarjana ke-60 dan Diploma ke-24 Periode April 2024 di wisuda dalam sidang terbuka senat Universitas Pekalongan (Unikal) yang diselenggarakan di Hotel Sahid Mandarin, Sabtu (27/4/2024).

Disampaikan Wakil Rektor I Universitas Pekalongan Zahro bahwa, sebanyak 490 wisudawan tersebut terdiri dari lulusan Program Magister (S2) sebanyak enam orang, Program Profesi empat orang dan Sarjana Strata 1 (S1) sebanyak 416 orang. Selain itu, Program Sarjana Terapan (D4) sembilan orang dan Program Diploma Tiga (D3) sebanyak 55 orang.

Mereka berasal dari delapan fakultas. Yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 196 wisudawan Program Studi (Prodi) Magister Manajemen, Manajemen dan Akuntansi. Selain itu, 142 wisudawan Fakultas Hukum,19 wisudawan Fakultas Perikanan dan sepuluh wisudawan Fakultas Pertanian.

BACA JUGA:Cetak Tenaga Kesehatan yang Promak, FIK Unikal Lepas 25 Calon Wisudawan Periode April 2024

BACA JUGA:Mahasiswa KKN UNIKAL Ajak Warga Panjang Wetan Buat Pupuk Kompos dengan Cacing ANC

Lalu, 25 wisudawan Fakultas Ilmu Kesehatan, 28 wisudawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), sembilan wisudawan Fakultas Teknik dan 61 wisudawan Fakultas Farmasi. “Dari jumlah wisudawan tersebut, 131 orang berhasil lulus dengan predikat ‘Dengan Pujian (Cumlaude)’,” ungkap Zahro.

Para lulusan Universitas Pekalongan tersebut sudah menggunakan Nomor Ijazah Nasional (NINA) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Ditambahkan olehnya, rata-rata indeks prestasi kumulatif (IPK) dan masa studi lulusan yang diwisuda tersebut, untuk program Diploma, Sarjana dan Sarjana Terapan, rata-rata IPK 3,58. Jumlah lulusan yang IPK-nya sesuai Indikator Kinerja Utama (IKU) sebanyak 427 dari 480 mahasiswa (89 persen).

Sedangkan Program Profesi, rata-rata IPK 3,91. Keempat lulusan Program Profesi, IPK-nya sesuai IKU (100 persen). Adapun Program Magister, rata-rata IPK 3,64. Dari enam lulusan, empat orang di antaranya, IPK-nya sesuai IKU (67 persen).

“Berdasarkan data yang tercatat di Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), sampai dengan wisuda hari ini, jumlah alumni Universitas Pekalongan sebanyak 16.894 orang,” sambung Zahro

Sementara itu, Rektor Unikal Andi Kushermanto tutur menyampaikan rasa bangganya atas terselenggaranya wisuda Unikal pada periode ini. Lantaran pada periode ini pertama kali wisuda bagi jenjang Magister 

"Alhamdulillah, periode ini kembali kita menggelar wisuda yang semakin bermakna, karena apa? Karena periode ini untuk pertama kalinya Unikal Mewisuda jenjang Magister. Terlebih suatu kehormatan bagi kita semua bahwa salah satu yang di Wisuda pada periode ini adalah Walikota Pekalongan Bapak Achmad Afzan Arslan Djunaid beserta ibu Inggit Soraya sebagai wisudawan Program Studi Magister Manajemen Universitas Pekalongan,” jelasnya.

Andi berharap, ilmu yang sudah diberikan selama mengenyam pendidikan di Unikal bisa menjadi bekal bagi par alumni Unikal untuk mengejar mimpi dan menghadapi tantangan masa depan.(Mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: