Atasi Masalah Sampah, Ketua DPRD Minta Pegiat Lingkungan Dirangkul

Atasi Masalah Sampah, Ketua DPRD Minta Pegiat Lingkungan Dirangkul

Ketua DPRD Kota Pekalongan,. M. Azmi Basyir.--

KOTA, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ketua DPRD Kota Pekalongan, M. Azmi Basyir meminta Pemkot untuk menggandeng pegiat dan aktivis lingkungan untuk bersama merumuskan solusi untuk mengatasi masalah sampah di Kota Pekalongan.

Dikatakan Azmi, mereka perlu dikumpulkan dan diajak bersama mencari solusi. Jangan sampai mengumpulkan para pegiat lingkungan hanya sebagai seremoni saja, namun harus berjalan bersama untuk mengatasi masalah sampah di Kota Pekalongan.

"Terkait penumpukan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Degayu yang kian overload. Seperti diketahui, memang program penanganan sampah ini harus berkelanjutan. Setiap OPD harus menyasar program penanganan sampah yang bisa menggugah kesadaran masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan," ucapnya.

Menurutnya, setiap orang menghasilkan sampah 0,5 kilogram per harinya, jika di Kota Pekalongan sendiri ada sekitar 300.000 ribuan penduduk, maka setiap hari menghasilkan sekitar 150 ton sampah. Oleh karena itu, hal ini harus dipikirkan penanganan bersama seiring membutuhkan anggaran yang cukup besar jika kapasitas TPA Degayu diperluas. 

Namun Azmi mengingatkan, emnggandeng para pegiat lingkungan jangan sampai hanya sekedar seremoni belaka. Mereka harus diajak berdiskusi secara berkala dan merumuskan solusi.

Setelah solusi disepakati, selanjutnya dilakukan pemetaan untuk melaksanakan apa yang menjadi hasil diskusi antara pegiat lingkungan dan Pemerintah Kota Pekalongan.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: