Tak Hanya Mencegah Penuaan Dini, Inilah 3 Manfaat Edamame untuk Kecantikan dan Cara Mengolahnya

Tak Hanya Mencegah Penuaan Dini, Inilah 3 Manfaat Edamame untuk Kecantikan dan Cara Mengolahnya

Edamame kaya manfaat untuk kecantikan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ingin tampak cantik di usia tak lagi muda? Cobalah jadikan edamame sebagai cemilan yang lezat dan sehat. Sebab, manfaat edamame juga bagus untuk kecantikan, terutama untuk kesehatan kulit.

Kulit orang Jepang tampak awet muda dan kinclong. Salah satunya masyarakat Jepang gemar makan edamame. Mereka mencampurkan edamame ke dalam berbagai olahan masakan.

Rasa edamame lezat dan manis dengan teksturnya yang lembut. Maka edamame cocok untuk dijadikan cemilan yang menyehatkan, atau menjadi olahan makanan untuk dikonsumsi secara rutin.

Data Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), menyebutkan, di dalam secangkir edamame atau setara 156 gram edamame, terdapat kandungan gizi berupa kalori 188, lemak 8 gram, sodium 9,4 miligram, karbohidrat 13,8 gram, serat 8 gram, gula 3,4 gram, dan protein 18,4 gram. 

Baca juga:Tak Hanya Mampu Menurunkan Kolesterol, Inilah 10 Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Edamame memiliki banyak mikronutrien, seperti magnesium dan vitamin C. Edamame juga mengandung sedikit tembaga, seng, fosfor, riboflavin, niacin, dan vitamin K. 

Sementara itu, satu cangkir edamame yang sudah dimasak dan dikupas mengandung 19 persen dari kebutuhan zat besi harian dan 15 persen vitamin C dari kebutuhan harian. Tak hanya itu, juga mengandung 7 persen kalsium dari kebutuhan setiap hari. Dan 20 persen kalium dari kebutuhan harian. 

Tak hanya bagus untuk kesehatan, edamame juga bermanfaat untuk kecantikan. Dilansir dari klikdokter, dr. Theresia Rina Yunita menjelaskan edamame memiliki kandungan isoflavon yang bermanfaat bagi kulit.

Isoflavon merupakan kelompok dari fitoestrogen. Perannya untuk mencegah kerusakan kolagen. Kolagen penting untuk menjaga kesehatan kulit, yakni memberi struktur dan kekenyalan di kulit. 

Baca lagi:Yuk Cegah Penuaan Dini, Begini Penjelasan Dokter Tentang Makanan yang Bikin Awet Muda, Rahasia Cantik Alami!

Berikut ini manfaat edamame untuk kecantikan jika rutin dikonsumsi:

1. Mencegah penuaan dini

Menurut penelitian dari Journal of American College of Nutrition, tikus yang terkena radiasi ultrafiolet dan diberi isoflavon, keriputnya lebih sedikit dan kulitnya tampak lebih halus daripada tikus yang terpapar sinar UV tetapi tidak mendapatkan isoflavon. 

Dokter Theresia mengatakan, para peneliti percaya kandungan isoflavon membantu mencegah kerusakan kolagen. Edamame juga diyakini dapat mengurangi berbagai tanda penuaan, seperti kulit kendur dan munculnya bintik hitam di wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: