Mau Transmisi Mobil Matic Tetap Awet? Yuk, Lakukan 5 Tips Berikut Ini, Dijamin Tahan Lama

Mau Transmisi Mobil Matic Tetap Awet? Yuk, Lakukan 5 Tips Berikut Ini, Dijamin Tahan Lama

Mau Transmisi Mobil Matic Tetap Awet? Yuk, Lakukan 5 Tips Berikut Ini, Dijamin Tahan Lama-Youtube.com/GridOto Tips-

Selain itu, apabila oli sudah berwarna hitam sebaiknya segera diganti. Namun, apabila masih berwarna coklat susu, itu tandanya oli sudah tercampur dengan air dan harus segera  diganti untuk mencegah karat.

2. Panaskan Mobil Sebelum Bepergian

Tips membuat transmisi mobil matic tetap awet dan tahan lama kedua adalah memanaskan mobil sebelum bepergian. Meskipun sepele, ternyata hal ini bisa membuat kondisi transmisi matic tetap prima. 

Ketika memanaskan mobil pastikan bahwa tuas transmisi matic berada pada posisi N. Kebiasaan memanaskan mobil juga berfungsi untuk menyesuaikan suhu mesin. 

Kamu cukup memanaskan mobil selama 2-3 menit saja tanpa menyalakan AC. Karena memanaskan mobil dengan waktu yang lama hanya akan membuang bahan bakar sia-sia.

BACA JUGA:Auto Jadi Pusat Perhatian! Inilah 5 Mobil Station Wagon Murah yang Keren, Wajib Kamu Miliki Salah Satunya!

BACA JUGA:Mulai Dari Harga Rp 4 Jutaan, Inilah 5 Rekomendasi Sepeda Listrik Xiaomi Terbaik dan Stylish

3. Jangan Menancap Gas secara Tiba-Tiba

Tips membuat transmisi mobil matic tetap awet dan tahan lama ketiga adalah jangan menancap gas tiba-tiba. Karena menancap gas dalam-dalam akan mengganggu kualitas katup solenoid. 

Selenoid adalah bagian dari sistem transmisi yang memungkinkan kamu memindahkan transmisi saat melakukan pengereman. Dalam praktiknya, selenoid memerlukan beberapa waktu supaya bisa menghasilkan tekanan dari oli ke konverter torsi. 

Jika kamu terus melakukan menancap gas tiba-tiba, maka katup selenoid mobil akan rusak sehingga mengganggu kondisi transmisi nantinya.

4. Atur Posisi Transmisi Matic dengan Tepat

Tips membuat transmisi mobil matic tetap awet dan tahan lama keempat adalah atur posisi transmisi matic dengan tepat. Sebagian pengemudi mobil matic yang menggunakan transmisi D dalam kondisi macet atau saat mobil berhenti. 

BACA JUGA:Jangan Diabaikan! Inilah 8 Ciri-ciri Rem Mobil Mulai Bermasalah, Segera Cek Agar Tidak Blong

BACA JUGA:Bukan Cuma Aki, Ternyata 6 Komponen Ini Akan Beresiko Rusak Apabila Mobil Jarang Dipakai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: