Rice Mill di Desa Gandarum Pekalongan Terbakar, Mesin Penggilingan hingga 7 Ton Gabah Terbakar

Rice Mill di Desa Gandarum Pekalongan Terbakar, Mesin Penggilingan hingga 7 Ton Gabah Terbakar

Kapolsek Kajen AKP Turkhan turun langsung memadamkan kebakaran rice mill di Desa Gandarum.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rice mill atau unit penggilingan padi di Desa Gandarum, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, terbakar, Sabtu malam, 2 Juni 2024. 

Tak ada korban jiwa dalam kebakaran rice mill itu, tetapi pemilik rice mill, Suparno (58), warga Gang Sukamandi RT 003 RW 006 Dukuh Bandar Utara, Desa Gandaru, mengalami kerugian senilai Rp 100 juta. 

Pasalnta, kebakaran itu tak hanya membakar bangunan rice mill saja, tapi alat penggilingan padi, 5 kwintal beras dan 7 ton gabah kering di dalam rice mill ikut terbakar.

Saat rice mill terbakar, korban tak berada di lokasi. Ia baru mengetahui rice mill miliknya terbakar dari warga sekitar.

Kebakaran itu kali pertama diketahui warga desa setempat bernama Suprapto (50) dan Suripto (40). Sekitar pukul 21.30 WIB, kedua saksi ini lewat di dekat rice mill. 

Baca juga:Lupa Matikan Kompor, Warung Makan di Desa Kaibahan Pekalongan Pekalongan Terbakar

Saat sedang berjalan melewati rice mill milik Suparno, keduanya melihat api di dalam rice mill yang sudah membesar. Keduanya berteriak meminta tolong warga sekitar dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun, kobaran api kian membesar. Saksi lalu memberitahu kebakaran itu ke pemilik rice mill dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kajen dan pemadam kebakaran Kabupaten Pekalongan. 

"Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan dan api bisa dipadamkan satu jam kemudian, atau sekitar pukul 22.30 WIB," ungkap Kapolsek Kajen, AKP Turkhan.

Kapolsek Kajen AKP Turkhan mengatakan, kebakaran rice mill itu diduga akibat korsleting arus Listrik. "Informasi awal penyebab kebakaran diduga akibat korsleting yang berasal dari ruang mesin," kata dia.

Dia mengatakan, dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Awalnya, warga sekitar lokasi mencoba memadamkan api, tetapi tidak mampu karena nyala api cukup besar.

Api yang cukup besar mengakibatkan bangunan rice mill terbakar beserta 2 unit alat penggiling padi dan 1 unit mesin penggerak terbakar. Selain itu, beras 5 kwintal dan gabah kering kurang lebih 7 ton ikut ludes terbakar. 

"Kerugiannya ditaksir Rp 100 juta," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: