Tiga Kelompok ini harus Bebas Stunting, Ini Upaya yang Dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang

Tiga Kelompok ini harus Bebas Stunting, Ini Upaya yang Dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang

Para balita menjadi salah satu target utama pencegahan stunting.--

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAU.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Batang meningkatkan upaya pencegahan stunting pada tiga kelompok kunci, yaitu Calon pengantin (Catin), ibu hamil (bumil), dan anak usia dini. 

Ketiga kelompok tersebut dianggap sebagai target strategis untuk mengurangi prevalensi stunting.

Ida Susilaksmi, Sekretaris Dinas Kesehatan Batang, menyatakan bahwa pada bulan Juni, pihaknya akan melakukan intervensi pencegahan stunting yang seragam di semua Puskesmas dan Posyandu dengan menargetkan ketiga kelompok tersebut.

"Untuk Catin, kami melakukan skrining kelayakan kehamilan, pengukuran lingkar lengan atas (Lila), dan intervensi berdasarkan prosedur yang ada. Balita menjalani penimbangan dan pengukuran Lila, sementara bumil menjalani penimbangan," kata Ida ketika ditemui di kantor Dinas Kesehatan Batang, Kabupaten Batang, pada hari Senin 3 Juni 2024.

Pemantauan secara intensif dilakukan pada ketiga tahap kehidupan ini karena mereka adalah bagian dari siklus kehidupan yang berkelanjutan.

"Catin yang memiliki masalah kesehatan akan mendapatkan perawatan yang diperlukan, sehingga mereka dapat memasuki pernikahan dengan kondisi siap untuk hamil yang sehat," terang Ida.

Dia menambahkan bahwa pencegahan stunting sangat krusial untuk dilakukan sebelum kelahiran bayi, termasuk menghindari gizi buruk pada bumil agar bayi yang lahir memiliki berat dan panjang badan yang memenuhi standar.

"Menurut data dari aplikasi Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM), berdasarkan penimbangan yang dilakukan pada bulan Maret dan data yang diambil pada tanggal 1 Mei 2024, persentase stunting di Kabupaten Batang adalah 9,22 persen," tutup Ida Susilaksmi. (")

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: