Alhamdulillah, Satu Pasien TB RO di RSUD Batang Dinyatakan Sembuh Total

Alhamdulillah, Satu Pasien TB RO di RSUD Batang Dinyatakan Sembuh Total

Alhamdulillah, Satu Pasien TB RO di RSUD Batang Dinyatakan Sembuh Total -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-Radar Pekalongan

"Salah satu kendala pengobatan TB RO ini adalah konsisten untuk berobat. Dimana memang banyak masyarakat yang terkadang belum bisa konsisten berobat. Khususnya jika terkendala jarak untuk transportasi ke rumah sakit. Tapi kami bersyukur, sekarang ini ada bantuan dari mitra Yayasan MSI yang punya kader untuk pendampingan pengobatan dan bantuan uang penggerak," Imbuh Didiet. 

Ketua Yayasan MSI kabupaten Batang, Samsul Arifin, menyebut pihaknya mendukung pemerintah dalam eliminasi penyakit TB pada 2030 mendatang. Dimana yayasannya turut melakukan pendampingan pengobatan dan juga pencegahan kasus TB di Kabupaten Batang, khususnya TB RO. 

BACA JUGA:Penyintas Talasemia Bertambah, RSUD Batang Gandeng Popti Gencarkan Edukasi Pencegahan

Sejak tahun 2023 lalu, kami melakukan pendampingan dan juga bantuan uang penggerak. Untuk pendampingan ini kami utus Pasien Suporter, untuk memberikan pendampingan pengobatan pada pasien, baik saat di rumah sakit maupun di rumah. 

"Setiap bulan kami berikan Rp600 ribu per bulan, sepanjang pasien itu berobat. Baik yang pengobatan jangka pendek atau jangka panjang. Bahkan saat ini kami juga berikan uang penggerak itu ketika pra pengobatan, usai dinyatakan positif TB RO," jelasnya. 

Selain itu pihaknya juga aktif melakukan skrining TB RO kepada kelompok resiko tinggi. Khususnya pada keluarga atau orang sekitar yang telah dinyatakan positif TB RO. 

"TB RO ini penularannya cepat seperti covid. Karenanya Kami punya sekitar 160 kader di lapangan, jadi ketika ada pasien positif TB RO orang di sekitar mereka langsung kami skrining," pungkasnya. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan