Alhamdulillah, Satu Pasien TB RO di RSUD Batang Dinyatakan Sembuh Total

Alhamdulillah, Satu Pasien TB RO di RSUD Batang Dinyatakan Sembuh Total

Alhamdulillah, Satu Pasien TB RO di RSUD Batang Dinyatakan Sembuh Total -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-Radar Pekalongan

BATANG, RADAR PEKALONGAN. DISWAY. ID - Bahagia, itulah yang tergambar dari raut wajah Bayu Hariadi (53) Tahun asal Kecamatan Bawang BATANG. Setelah berjuang selama 9 bulan, Bayu dinyatakan sembuh total dari penyakit Tuberkulosis Resistan Obat (TB RO). 

Atas kesembuhannya, Bayu mendapatkan sertifikat kesembuhan dari RSUD Kabupaten Batang, Kamis 6 Juni 2024. Bayu menjadi pasien pertama TB RO dari total 14 pasien yang mendapatkan perawatan dari RSUD Batang. 

"Senang sekali akhirnya bisa dinyatakan sembuh pada Mei lalu. Setelah saya berjuang pengobatan selama 9 bulan," jelas Bayu. 

BACA JUGA:Terindikasi TB, 1 Jamaah Calon Haji Asal Gringsing Terancam Batal Berangkat Tahun Ini

Ia menjelaskan, jika awalnya mengalami batuk selama dua bulan. Setelah tes dahak, Bayu dinyatakan postif TB RO. Diakuinya tiap hari ia harus rutin mengkonsumsi obat. Bahkan di awal-awal bisa menghabiskan sekitar 15 butir sehari. 

"Buat rekan-rekan yang masih berjuang, terus semangat. Jangan sampai sekali-kali putus obat. Patuhi protokol kesehatan dari RS," pesannya. 

Menurutnya kesembuhannya ini tak lepas dari dukungan keluarga, terkhusus istrinya, juga peran serta RSUD Batang dan Dinkes Batang. Selain itu juga bantuan pendampingan dari Yayasan Mentari Sehat Indonesia (MSI).

BACA JUGA:RSUD Kraton Teken MoU Untuk Pendamping Pasien TB RO

"Kami sangat berterima kasih kepada Dinkes dan juga RSUD Batang. Selain itu kami juga berterima kasih kepada MSI, sudah saya anggap sebagai saudara. Selain istri saya yang mendampingi, MSI juga rutin memberikan pendampingan. Bahkan ada kunjungan ke rumah, dan dipantau perkembangannya juga lewat handphone," imbuhnya. 

Kepala Dinkes Batang, dr Didiet Wisnuhardanto turut mengapresiasi keberhasilan dari RSUD Batang yang telah membantu kesembuhan pasien pertama TB RO. Ia berharap ke depannya, 13 pasien TB RO lainnya bisa segera sembuh. 

BACA JUGA:Duh, Kasus TB-RO di Batang Sudah Capai 13 Orang

Dengan kemajuan zaman, saat ini pengobatan TB RO dimudahkan. Pasien tidak perlu injeksi setiap hari. Hanya harus rutin mengkonsumsi obat tiap hari. 

"Kesembuhan Pak Bayu ini semoga memotivasi pasien lainnya untuk bisa sembuh juga. Dan dengan ini juga bisa membuktikan bahwa RSUD Batang juga bisa memberikan pelayanan pengobatan TB RO. Jadi masyarakat di Batang tidak perlu lagi berobat lebih jauh ke Pekalongan atau Kendal," jelasnya. 

Didiet menyebut, ke depannya ia juga berharap layanan pengobatan TB RO ini bisa juga dilakukan di RSUD Limpung. Sehingga bisa memudahkan masyrakat di wilayah Batang timur untuk mengakses pengobatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan