Pemkab Pekalongan Gelar Bimtek Pertolongan di Ketinggian dan Ruang Terbatas

Pemkab Pekalongan Gelar Bimtek Pertolongan di Ketinggian dan Ruang Terbatas

Pemkab Pekalongan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pertolongan di Ketinggian (HART) dan di Ruang Terbatas (CSR). -Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.CO.IDPemkab Pekalongan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pertolongan di Ketinggian (HART) dan di Ruang Terbatas (CSR). 

Bimtek resmi dibuka dalam apel yang diselenggarakan di halaman kompleks Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pekalongan, Jumat, 28 Juni 2024.

Apel dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar. Turut hadir dalam apel tersebut antara lain Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Semarang, BPBD Kabupaten Pekalongan, BPBD Kota Pekalongan, BPBD Kabupaten Pemalang, BPBD Kota Tegal, dan BPBD Kabupaten Tegal.

Hadir pula, perwakilan dari Polres Pekalongan, perwakilan Dandim 0710 Pekalongan, koordinator dan korwil FKP3 Pantura Barat, Ketua PMI Kabupaten Pekalongan, serta ketua organisasi relawan se-Kabupaten Pekalongan.

Sekda Yulian Akbar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Semarang atas inisiatif dan kesediaannya menjadi pelatih dan instruktur dalam Bimtek ini. 

Baca juga:Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Beri Pelatihan Pertolongan Pertama bagi Potensi SAR di Pekalongan

"Saya berharap para narasumber dapat menularkan ilmunya dengan sabar dan telaten kepada seluruh peserta Bimtek, sehingga para peserta dapat benar-benar memahami materi dan ke depannya dapat menerapkannya secara benar di wilayah masing-masing," ujarnya.

Ia berharap melalui penyelenggaraan bimtek ini, para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan kompetensi dalam hal pertolongan dan penyelamatan di ruang terbatas dan ketinggian. 

Selain itu, diharapkan juga para peserta dari perwakilan organisasi potensi SAR mampu menangani kondisi berbahaya yang mungkin terjadi. 

"Harapan saya juga terjalin komunikasi dan transfer ilmu dan pengalaman bukan hanya dari instruktur ke peserta namun juga antar peserta," kata dia.

Sebagai informasi, Bimbingan Teknis (Bimtek) Pertolongan di Ketinggian (HART) dan di Ruang Terbatas (CSR) merupakan salah satu program kerja dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kantor SAR Semarang. 

Kegiatan ini digelar dalam rangka pembinaan potensi SAR melalui Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Pantura Barat.

Bimtek tersebut dijadwalkan berlangsung sejak hari Jumat, 28 Juni 2024, hingga Minggu, 30 Juni 2024, bertempat di Kantor BPBD Kabupaten Pekalongan. 

Peserta Bimtek berjumlah 50 orang yang merupakan perwakilan dari organisasi potensi pencarian dan pertolongan dari lima kabupaten/kota di wilayah Pantura Barat, meliputi Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, dan Kota Tegal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: