Ternyata Ini Biang Keroknya! Inilah Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes, Yuk Kepoin

Ternyata Ini Biang Keroknya! Inilah Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes, Yuk Kepoin

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes-youtube.com- MANGMUL (MANTRI MOTOR)

BACA JUGA:Para Driver Ojol Merapat! 5 Motor Matic Yamaha Murah dan Irit Ini, Nyaman Banget Dikendarai Bersama Penumpang!

Ban yang halus ini tidak hanya menyebabkan ban kempes loh. Namun juga bisa menyebabkan ban bocor atau bahkan yang lebih parahnya lagi terjadi ban meletus. Ini sangat membahayakan bukan?

2. Tertusuk Benda Tajam

Hal yang tak bisa kamu hindari dari kempes ban yakni ketika ban motor atau mobil tertusuk benda tajam. Meskipun pada konsepnya, ban tubeless ini lebih tahan bocor daripada ban jenis lainya. 

Namun demikian, ternyata ban tubeless juga bisa bocor ketika tertusuk benda tajam yang tak bisa dihindari. Beberapa benda tajam tersebut yakni pecahan kaca, paku, ataupun benda tajam lainya. 

3. Pantil yang Rusak

Tak hanya karena kondisi banya saja yang mempengaruhi ban tubeless mudah kempes, namun ternyata juga bisa karena pantil motor atau mobil yang rusak. Salah satunya ketika pantil rusak ataupun robek. 

Untuk mengetahui kondisi pantil, kamu dapat mengeceknya dengan cara mengoleskan air di ujung pantil. Jika terdapat angin yang menghasilkan gelembung udara, bisa terjadi kerusakan atau pentil kendur.

4. Velg tidak presisi

Velg yang tidak presisi juga bisa menyebabkan ban tubeless mudah kempes loh. Bukan tanpa sebab, pasalnya velg yang retak ataupun bengkok bisa menyebabkan kebocoran udara pada ban. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Motor Matic yang Irit Bahan Bakar, Cocok untuk Drivel Ojek Online Nih

BACA JUGA:Tetap Lincah dan Gesit! Inilah Rekomendasi Motor yang Cocok untuk Badan Besar, Dijamin Nggak Oleng

Tak hanya itu saja, sebab velg yang tidak presisi atau sudah bengkok akan sangat berbahaya jika tetap digunakan. Pasalnya, saat berkendara, handling akan terganggu akibat timbulnya getaran akibat velg tidak presisi.

5. Karet Ban Sudah Getas

Tak hanya itu saja, sebab salah satu yang menyebabkan ban tubeless mudah kempes yakni karet ban yang sudah getas. Tepatnya, saat ban sudah melewati masa pakai sehingga karet ban getas. Hal ini bisa membuat ban menjadi halus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: