Job Fair Kota Pekalongan 2024 Dibuka, Ribuan Lowongan Kerja Tersedia

Job Fair Kota Pekalongan 2024 Dibuka, Ribuan Lowongan Kerja Tersedia

Antusias- Antusias para pencari kerja dalam gelaran job fair Kota Pekalongan 2024 di Hotel Khas Pekalongan-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

" Target kami di Tahun 2024 ini angka pengangguran Kota Pekalongan bisa menurun minimal 1 persen, dimana angka pengangguran Kota Pekalongan Tahun 2023 masih 5,02 persen,"imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Betty Dahfiani Dahlan, menjelaskan bahwa dalam Job fair kali ini akan berlangsung selama dua hari dengan melibatkan 50 perusahaan yang siap menawarkan 2.292 loker. Secara mekanisme pelamar kerja harus sudah mendaftar secara online melalui scan barcode.

BACA JUGA:FKIP Unikal Gelar Pelepasan 99 Calon Wisudawan Periode September 2024

Kemudian, submit sebagai syarat untuk bisa masuk ke ruangan job fair untuk berkonsultasi dan melamar langsung ke perusahaan yang diminatinya.

"Berdasarkan data hari ini sudah ada 1.152 pelamar kerja yang mendaftar online. Semoga di hari kedua nanti bisa lebih banyak lagi yang mendaftar. Mayoritas dari mereka merupakan lulusan SMA/SMK sederajat,"jelas Betty.

BACA JUGA:Pengamen Curi Motor di Pasar Kedungwuni, Butuh Uang untuk Bayar Sekolah Anak

Pihaknya juga mengajak masyarakat khususnya para pencari kerja agar tidak menyia-nyiakan kesempatan adanya job fair ini untuk mendaftar ke perusahaan sesuai kemampuan yang dimiliki dan diminati

Disamping itu, Betty menyebutkan, untuk angka pengangguran terbuka Kota Pekalongan Tahun 2023 masih 5,02 persen (9.065 orang) dari seluruh angkatan kerja yang ada.

BACA JUGA:5 Motor Sport Bekas Terbaru 2024 dan Murah dengan Harga Mulai Rp11 Jutaan, DIdominasi Kawasaki Ninja

"Mudah-mudahan angka pengangguran Tahun 2024 ini bisa semakin menurun dan melalui job fair ini masyarakat Kota Pekalongan yang belum bekerja bisa terserap ke dunia kerja,"harapnya.

Kesempatan job fair ini tak disia-siakan oleh salah seorang warga asal Pemalang bernama Hesti (22 tahun) Ia yang merupakan lulusan baru (Fresh Graduate) S1 Manajemen yang rela jauh datang untuk ikut melamar kerja di Job Fair ini. Dirinya juga telah menyiapkan 5 berkas lamaran dan CV terbaiknya untuk apply ke beberapa perusahaan yang diminatinya.

BACA JUGA:Kilau Emas di Hari Ulang Tahun: Bingkisan Tuhan untuk UNIKAL di Peksiminas 2024 dan Festival Sastra

"Kebetulan baru lulus kuliah kemarin, belum sempet apply. Dengan adanya job fair ini, Saya senang bisa memberikan kesempatan bagi Saya dan teman-teman yang belum kerja untuk bisa mendapatkan pekerjaan, terlebih bisa secara langsung bertemu dengan HRD maupun perwakilan perusahaan,"kata Hesti.

Menurutnya, upaya dalam mencari pekerjaan saat ini sangatlah sulit. Sebab, persaingan ketat dan loker yang dibuka pun terbatas. Tidak hanya itu, jika loker sudah sesuai dengan kualifikasi pendidikannya, namun perusahaan sering mempersyaratkan pengalaman kerja dengan kurun waktu tertentu.

BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Anda Perlu Membeli Motor Listrik Minerva Electron M1, Ternyata Desain Mirip Vario

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: