Memakai Masker saat Olahraga Sebabkan Kematian? Ini Faktanya!

Memakai Masker saat Olahraga Sebabkan Kematian? Ini Faktanya!

Hal ini kemudian membuat banyak orang jadi takut kalau mau ke luar untuk olahraga. Mereka takut terjadi hal yang tidak diinginkan selama berolahraga memakai masker.

Menurut dr. Devia Irine Putri, sebenarnya penggunaan masker selama olahraga tidak sampai menyebabkan kematian kalau maskernya yang biasa saja, bukan N95.

Namun, ia menjelaskan bahwa sebenarnya berolahraga menggunakan masker memang membuat napas menjadi susah. Pertukaran oksigen di dalam tubuh jadi tidak maksimal.

"Tidak sampai meninggal juga, tapi kalau pakai masker umumnya napasnya jadi susah. Pertukaran oksigen tidak maksimal, akibatnya bisa pusing, sesak, mulai kesemutan. Itu tandanya tubuh kurang oksigen," ungkap dr. Devia seperti diberitakan KlikDokter.

Menggunakan masker wajib saat beraktivitas di luar rumah, termasuk berolahraga. Hanya saja, jangan sampai masker membuat Anda justru celaka.

Kenali Intensitas Olahraga yang Akan Dilakukan

Dalam hal berolahraga memakai masker, Anda harus memerhatikan intensitas olahraga yang dilakukan. Ini dijelaskan oleh ahli kedokteran olahraga, dr. Michael Triangto, Sp.KO.

Dalam rilis yang diterima KlikDokter, dr. Michael menjelaskan bahwa sebelum berolahraga setiap orang mesti tahu tujuan dari olahraga tersebut.

Bila untuk sehat, boleh melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang. Aktivitas ini tidak akan terganggu dengan penggunaan masker sesuai dengan peraturan PSBB.

Sementara itu, Anda tidak dilarang untuk olahraga berat. Hanya saja, harus dilakukan di rumah sehingga tidak perlu memakai masker.

"Yang perlu dipahami benar adalah olahraga berintensitas berat hanya untuk atlet yang mau bertanding, sehingga tujuan kesehatan bukanlah menjadi prioritas utama mereka," ungkapnya.

Dokter Michael juga menyoroti penggunaan masker N95 dalam berolahraga. Menurutnya, itu salah kaprah karena masker jenis ini tidak untuk berolahraga.

Cara Olahraga Sambil Pakai Masker yang Aman

Kalau Anda tetap ingin berolahraga dengan nyaman pakai masker, tips yang bisa dilakukan adalah memakai masker yang tetap bisa membuat Anda bernapas.

Menurut dr. Devia, masker ini bisa membantu Anda tetap terjaga dari virus tapi tetap nyaman digunakan untuk olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: